medcom.id, Padang: Ford Motor Indonesia (FMI) menggelar media test drive All New Ford EcosSport pada 7-8 Mei 2014 di Padang, Sumatra Barat yang diikuti oleh sekitar 24 wartawan otomotif dari berbagai media.
Ford EcoSport memiliki desain yang didominasi oleh garis-garis tegas yang tampaknya tidak menunjukkan sedikit pun rasa keraguan. Lekuk bodinya yang atletis, sebagian terinspirasi dari bentuk cheetah dan itu sangat terlihat pada gelembung dan lekukan pada fender roda belakang.
Menyisir ke bagan paling belakang, terdapat ban cadangan di bagian pintu yang menegaskan jati dirinya bahwa EcoSport adalah sebuah SUV. Pintu 'berkonde' ini memiliki gagang pembuka pintu yang tersamar di bagian lampu belakang bagian kanan.
Dari presentasi yang dipaparkan oleh Marketing Director FMI Gumgum Prijadi, setiap unsur lekukan pada Ford EcoSport berfungsi meningkatkan aerodinamika kendaraan, seperti pada bagian pojok lampu depan, lampu kombinasi belakang, bentuk kap mesin, hingga bentuk bagian ujung atap di bagian belakang.
Metrotvnews.com masuk ke dalam kabin dan mengatur posisi jok yang dapat diatur ketinggiannya hingga 50 mm dan menyetel lumbar support untuk mendapatkan posisi yang paling nyaman. Hal itu semakin mudah didapatkna berkat roda kemudi yang dapat disetel naik-turun dan maju-mundur.
Usai mengenakan sabuk keselamatan dan mengatur spion, kami menyapu pandangan pada perangkat audio dengan fitur konektivitas SYNC. Dalam waktu singkat perangkat itu sudah terkoneksi dengan beragam fungsi smartphone, termasuk memainkan, musik yang tersimpan di dalamnya.
Pemilik kendaraan juga tidak perlu lagi mengutak-atik perangkat audio karena sudah mampu mereproduksi suara dengan kualitas yang lebih dari cukup. Hentakan basnya sangat solid, sementara nada tinggi tersdengar cukup natural. Apalagi dengan dukungan kekedapan kabinnya yang cukup signifikan.
Setelah kendaraan bergerak keluar dari pelataran parkir resto di pinggir Danau Singkarak yang indah, EcoSport langsung menunjukkan karakter aslinya saat mengarungi jalan menuju Bukittinggi.
Untuk sampai ke Bukittinggi dari Danau Maninjau, rombongan melewati jalur legendaris 'Kelok 44' yang rutenya berupa jalan sempit yang didominai belokan-belokan berbentuk 'tusuk konde' yang dikombinasi tanjakan dengan kemiringan yang ekstrem.
Tidak perlu berlama-lama, kami langsung merasakan kelebihan performa suspensinya yang menakjubkan untuk ukuran sebuah SUV mini. Jalan bergelombang mampu ditangani dengan baik. "Kekenyalannya pas," gumam kami dalam hati.
Menurut Field Service Engineer FMI, Ifran, supensi EcoSport dilengkapi peredam dengan hydrolock. "Perpaduan antara damper dengan coilover ini memiliki kelebihan saat speed bumpy. Rebound suspensi bisa lebih cepat sehingga kendaraan terasa lebih stabil di jalan bergelombang."
Ford EcoSport yang didukung oleh mesin 4 silinder Vi-VCT 1.5 liter bertenaga 110 PS pada 6.300 rpm dan torsi maksimal 142 Nm di 4.400 rpm. Dari spesifikasinya, ini adalah mesin berkarakter putaran tinggi yang biasanya akan kedodoran saat disiksa di jalan menanjak.
Mesin ini dikombinasi transmisi yang menurut Ifran pada dasarnya adalah transmisi manual 6-speed yang dioperasikan secara otomatis. Transmisi yang dapat dioperasikan secara manual ini dilengkapi teknologi 'dual-clutch' alias kopling ganda.
Saat memasuki 'pintu' Kelok 44, mesin EcoSport masih mampu menangani tanjakan-tanjakan ekstrem. Di beberapa titik memang terasa kedodoran akibat kehilangan momentum karena tertahan truk yang berada di depan kami.
Hal itu bisa disiasati justru dengan menahan laju kendaraan (agar posisi gigi berpindah ke gigi terendah) sekaligus untuk memastikan jalur bersih dari hambatan saat mendaki nanti.
Meliuk-liuk menyusuri kelokan-kelokan ekstra tajam dan sempit bisa kami atasi berkat karakter pengendaliannya yang pas dan akurat. Kami lupa kalau kendaraan ini dilengkapi Electronic Stability Control yang mampu mengoreksi arah kendaraan yang menyimpang dari arah belok roda kemudi...pantas.
"Kami sengaja mengajak rekan-rekan wartawan ke Padang untuk membuktikan jiwa 'Discovery' yang dimiliki oleh SUV terbaru kami All New EcoSport," ujar Managing Director FMI Bagus Susanto dalam sambutannya Hotel The Hills Bukittinggi Hotel & Convention, Rabu (7/5).
Menurut Bagus, sebagai Urban SUV, EcoSport dilengkapi desain eksterior yang agresif, berani dan dinamis. "Oleh karenanya EcoSport memberikan kesan bergerak atau dinamis meskipun saat dia dalam kondisi statis," paparnya.
Kendaraan ini dibekali dengan sederet fitur canggih yang mengungguli kendaraan lain di kelasnya dengan banderol harga relatif terjangkau.
Ford All New EcoSport ditawarkan dalam lima varian:
- Ambiente M/T Rp195,4 juta
- Trend M/T Rp213,4 juta
- Trend A/T Rp223,4 juta
- Titanium M/T Rp232,4 juta
- Titanium A/T Rp242,4 juta
Fitur unggulan yang dimiliki oleh EcoSport:
- Smart Key plus tombol start/stop yang memungkinkan pemiliknya tidak perlu repot mengeluarkan anak kunci saat membuka pintu, memasuki dan menyalakan mesin kendaraan.
- Auto Headlamp yang secara otomatis menyalakan lampu saat heri mulai gelap/saat memasuki terowogan.
- Sunroof untuk menikmati hangatnya matahari dan lebih bergaya.
- Hill Launch Assist yang menahan kendaraan saat di jalan menanjak sekitar lebih dari 3 detik untuk memberikan pengemudi cukup waktu untuk memindahkan kaki dari rem ke pedal gas agar kendaraan tidak meluncur mundur.
- Rain Sensing Wiper yang mengatur wiper menyala secara otomatis dan mengatur kecepatannya sesuai intensita hujan dengan mengaturnya pada mode otomatis.
- Rear Parking Sensor mendeteksi adanya obyek di belakang dan mengetahui ruang yang tersisa saat anda memumdurkan EcoSport.
- Follow Me Home, lampu tetap menyala saat mesin dimatikan, untuk memberikan penerangan kepada pemiliknya saat berjalan menuju pintu rumah saat gelap misalnya.
Bersambung...
medcom.id, Padang: Ford Motor Indonesia (FMI) menggelar
media test drive All New Ford EcosSport pada 7-8 Mei 2014 di Padang, Sumatra Barat yang diikuti oleh sekitar 24 wartawan otomotif dari berbagai media.
Ford EcoSport memiliki desain yang didominasi oleh garis-garis tegas yang tampaknya tidak menunjukkan sedikit pun rasa keraguan. Lekuk bodinya yang atletis, sebagian terinspirasi dari bentuk cheetah dan itu sangat terlihat pada gelembung dan lekukan pada
fender roda belakang.
Menyisir ke bagan paling belakang, terdapat ban cadangan di bagian pintu yang menegaskan jati dirinya bahwa EcoSport adalah sebuah SUV. Pintu 'berkonde' ini memiliki gagang pembuka pintu yang tersamar di bagian lampu belakang bagian kanan.
Dari presentasi yang dipaparkan oleh Marketing Director FMI Gumgum Prijadi, setiap unsur lekukan pada Ford EcoSport berfungsi meningkatkan aerodinamika kendaraan, seperti pada bagian pojok lampu depan, lampu kombinasi belakang, bentuk kap mesin, hingga bentuk bagian ujung atap di bagian belakang.
Metrotvnews.com masuk ke dalam kabin dan mengatur posisi jok yang dapat diatur ketinggiannya hingga 50 mm dan menyetel
lumbar support untuk mendapatkan posisi yang paling nyaman. Hal itu semakin mudah didapatkna berkat roda kemudi yang dapat disetel naik-turun dan maju-mundur.
Usai mengenakan sabuk keselamatan dan mengatur spion, kami menyapu pandangan pada perangkat audio dengan fitur konektivitas SYNC. Dalam waktu singkat perangkat itu sudah terkoneksi dengan beragam fungsi
smartphone, termasuk memainkan, musik yang tersimpan di dalamnya.
Pemilik kendaraan juga tidak perlu lagi mengutak-atik perangkat audio karena sudah mampu mereproduksi suara dengan kualitas yang lebih dari cukup. Hentakan basnya sangat solid, sementara nada tinggi tersdengar cukup natural. Apalagi dengan dukungan kekedapan kabinnya yang cukup signifikan.
Setelah kendaraan bergerak keluar dari pelataran parkir resto di pinggir Danau Singkarak yang indah, EcoSport langsung menunjukkan karakter aslinya saat mengarungi jalan menuju Bukittinggi.
Untuk sampai ke Bukittinggi dari Danau Maninjau, rombongan melewati jalur legendaris 'Kelok 44' yang rutenya berupa jalan sempit yang didominai belokan-belokan berbentuk 'tusuk konde' yang dikombinasi tanjakan dengan kemiringan yang ekstrem.
Tidak perlu berlama-lama, kami langsung merasakan kelebihan performa suspensinya yang menakjubkan untuk ukuran sebuah SUV mini. Jalan bergelombang mampu ditangani dengan baik. "Kekenyalannya pas," gumam kami dalam hati.
Menurut Field Service Engineer FMI, Ifran, supensi EcoSport dilengkapi peredam dengan
hydrolock. "Perpaduan antara damper dengan
coilover ini memiliki kelebihan saat speed bumpy.
Rebound suspensi bisa lebih cepat sehingga kendaraan terasa lebih stabil di jalan bergelombang."
Ford EcoSport yang didukung oleh mesin 4 silinder Vi-VCT 1.5 liter bertenaga 110 PS pada 6.300 rpm dan torsi maksimal 142 Nm di 4.400 rpm. Dari spesifikasinya, ini adalah mesin berkarakter putaran tinggi yang biasanya akan kedodoran saat disiksa di jalan menanjak.
Mesin ini dikombinasi transmisi yang menurut Ifran pada dasarnya adalah transmisi manual
6-speed yang dioperasikan secara otomatis. Transmisi yang dapat dioperasikan secara manual ini dilengkapi teknologi 'dual-clutch' alias kopling ganda.
Saat memasuki 'pintu' Kelok 44, mesin EcoSport masih mampu menangani tanjakan-tanjakan ekstrem. Di beberapa titik memang terasa kedodoran akibat kehilangan momentum karena tertahan truk yang berada di depan kami.
Hal itu bisa disiasati justru dengan menahan laju kendaraan (agar posisi gigi berpindah ke gigi terendah) sekaligus untuk memastikan jalur bersih dari hambatan saat mendaki nanti.
Meliuk-liuk menyusuri kelokan-kelokan ekstra tajam dan sempit bisa kami atasi berkat karakter pengendaliannya yang pas dan akurat. Kami lupa kalau kendaraan ini dilengkapi Electronic Stability Control yang mampu mengoreksi arah kendaraan yang menyimpang dari arah belok roda kemudi...pantas.
"Kami sengaja mengajak rekan-rekan wartawan ke Padang untuk membuktikan jiwa 'Discovery' yang dimiliki oleh SUV terbaru kami All New EcoSport," ujar Managing Director FMI Bagus Susanto dalam sambutannya Hotel The Hills Bukittinggi Hotel & Convention, Rabu (7/5).
Menurut Bagus, sebagai Urban SUV, EcoSport dilengkapi desain eksterior yang agresif, berani dan dinamis. "Oleh karenanya EcoSport memberikan kesan bergerak atau dinamis meskipun saat dia dalam kondisi statis," paparnya.
Kendaraan ini dibekali dengan sederet fitur canggih yang mengungguli kendaraan lain di kelasnya dengan banderol harga relatif terjangkau.
Ford All New EcoSport ditawarkan dalam lima varian:
- Ambiente M/T Rp195,4 juta
- Trend M/T Rp213,4 juta
- Trend A/T Rp223,4 juta
- Titanium M/T Rp232,4 juta
- Titanium A/T Rp242,4 juta
Fitur unggulan yang dimiliki oleh EcoSport:
-
Smart Key plus tombol start/stop yang memungkinkan pemiliknya tidak perlu repot mengeluarkan anak kunci saat membuka pintu, memasuki dan menyalakan mesin kendaraan.
-
Auto Headlamp yang secara otomatis menyalakan lampu saat heri mulai gelap/saat memasuki terowogan.
-
Sunroof untuk menikmati hangatnya matahari dan lebih bergaya.
-
Hill Launch Assist yang menahan kendaraan saat di jalan menanjak sekitar lebih dari 3 detik untuk memberikan pengemudi cukup waktu untuk memindahkan kaki dari rem ke pedal gas agar kendaraan tidak meluncur mundur.
-
Rain Sensing Wiper yang mengatur wiper menyala secara otomatis dan mengatur kecepatannya sesuai intensita hujan dengan mengaturnya pada mode otomatis.
-
Rear Parking Sensor mendeteksi adanya obyek di belakang dan mengetahui ruang yang tersisa saat anda memumdurkan EcoSport.
-
Follow Me Home, lampu tetap menyala saat mesin dimatikan, untuk memberikan penerangan kepada pemiliknya saat berjalan menuju pintu rumah saat gelap misalnya.
Bersambung...
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(CDX)