Buya Syafii Maarif/MI/Rommy Pujianto
Buya Syafii Maarif/MI/Rommy Pujianto

Haedar Nashir Jelaskan Saat-saat Terakhir Bersama Buya Syafii

M Sholahadhin Azhar • 27 Mei 2022 11:28
Jakarta: Buya Syafii Maarif meninggal dunia pukul 10.15 WIB hari ini, 27 Mei 2022. Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir menjelaskan saat-saat terakhir bersama Buya Syafii.
 
"Setengah jam saya menemani beliau, sampai beliau dipanggil Allah," kata Haedar Nashir dalam Breaking News Metro TV, Jumat, 27 Mei 2022.
 
Menurut Haedar, dirinya dalam perjalanan ke luar kota dan dihubungi pihak RS PKU Muhammadiyah Gamping tempat Buya Syafii dirawat. Haedar langsung kembali ke Yogyakarta dan menemani Buya Syafii.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Haedar mengatakan kondisi kesehatan Buya menurun belakangan dan dirawat sebulan di RS PKU Muhammadiyah. Buya Syafii sempat pulang dan kembali dirawat pada dua minggu lalu.
 
Baca: Jenazah Buya Syafii Maarif Disalatkan di Masjid Besar Kauman
 
"Semalam sebenarnya (kondisi) beliau masih baik, tapi kondisi pernapasan terkait jantung tengah ditangani dokter," kata Haedar.
 
Dia mengatan perawatan dilakukan pada pukul 6.00 WIB dan Buya masih bisa berkomunikasi dengan baik. Namun sekitar pukul 7.30 WIB Buya mengalami kritis hingga meninggal dunia.
 
"Penanganan sudah maksimal bahkan sudah berkoordinasi beberapa kali dengan tim kedokteran kepresidenan atas instruksi Presiden Joko Widodo," kata Haedar.
 
Jenazah Buya dibawa ke Masjid Besar Kauman Yogyakarta, untuk memberi kesempatan salat jenazah hingga pukul 15.00 WIB. Kemudian, dibawa ke Permakaman Husnul Khatimah di Kulon Progo
 
Permakaman Husnul Khatimah merupakan Permakaman Muhammadiyah, tepatnya di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif