Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Perketat Prokes, Ada 7 Ribu OTG Jalani Isolasi Mandiri

Nasional Virus Korona Pasien Covid-19 pandemi covid-19 Pasien OTG
Kautsar Widya Prabowo • 27 April 2022 17:33
Jakarta: Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso mencatat 7 ribu orang terinfeksi covid-19 dalam kondisi tanpa gejala (OTG). Masyarakat yang telah mendapat vaksin dosis ketiga atau booster diminta tetap menerapakan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. 
 
"Per 26 April kasus aktif mencapai 9.739 kasus artinya ada orang terinfeksi, dan ternyata dari 9.739 itu 1.880 kasus berada di rumah sakit, sisanya 7.000 orang berada di rumah melakukan isolasi mandiri," ujar Ketua Pokja Pinere RSPI Sulianti Saroso Pompini Agustina Sitompul dalam diskusi virtual, Rabu, 27 April 2022. 
 
Pompi menilai ribuan OTG itu sangat berpotensi menularkan covid-19 di tengah masyarakat. Terlebih, apabila masyarakat tidak menerapakan prokes secara ketat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi dengan dilakukan prokes kita sedang memutus rantai penularan," tutur dia.
 
Baca: 24 Juta Masyarakat Rentan dan Umum telah Disuntik Booster
 
Ia menekankan vaksinasi hanya berfungsi untuk mengurangi risiko buruk saat terinfeksi covid-19. Sehingga, seseorang yang telah divaksin masih berpotensi tertular.
 
"Keberhasilan menangani kondisi pandemi covid-19, satu harus dilakuakan booster, tidak bisa selesai kalau tidak diiringi dengan protokol kesehatan yang baik," bebernya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif