Kantong jenazah berisi bagian tubuh korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182 dibawa ke RS Kramat Jati untuk diidentifikasi (Foto: AFP/Dany Krisnadhi)
Kantong jenazah berisi bagian tubuh korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182 dibawa ke RS Kramat Jati untuk diidentifikasi (Foto: AFP/Dany Krisnadhi)

5 Penemuan Ini Makin Mendekatkan Tim Pencari ke Pesawat Sriwijaya yang Jatuh

Nasional pesawat hilang Sriwijaya Air Jatuh Pesawat Sriwijaya Air Sriwijaya Air SJ182 Sriwijaya Air Indonesia Sriwijaya Air Jakarta to Pontianak
Patrick Pinaria • 10 Januari 2021 18:45
Jakarta: Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 terus dilakukan secara intensif. Sejauh ini, sudah banyak barang bukti ditemukan dalam pencarian pesawat dengan rute Jakarta-Pontianak tersebut.
 
Pencarian tersebut sudah dilakukan sejak pesawat Sriwijaya Air SJ-182 hilang kontak saat melakukan penerbangan pada Sabtu 9 Januari. Melalui tim search and rescue (SAR) gabungan, lokasi pesawat sudah ditemukan di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu.
 
Di lokasi itu sudah ditemukan serpihan-serpihan pesawat dan juga beberapa jenazah korban. Bahkan laporan teranyar menyebutkan mereka telah menemukan lokasi black box Sriwijaya Air SJ-182 pada Minggu 10 Januari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut daftar penemuan dalam pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182:
 
1. Serpihan pesawat
Serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 berhasil ditemukan pada Minggu 10 Januari. Hal itu setidaknya diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui akun Instagram.
 
"Tim gabungan Kementerian Perhubungan, TNI, Basarnas (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan), dan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) temukan serpihan pesawat," tulis Budi dalam akun Instagram @budikaryas, Minggu, 10 Januari 2021.
 
2. Pecahan pesawat dan life vest
Bagian pecahan pesawat menjadi temuan berikutnya yang berhasil didapat tim SAR gabungan. Mereka menemukan pecahan yang berwarna khas dari pesawat Sriwijaya Air. Saat bersamaan, mereka juga menemukan life vest.
 
"Mudah-mudahan sampai sore ini kondisi arus dan pandangan di bawah laut masih bagus sehingga kita bisa lanjutkan upaya pencarian," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.
 
3. Selang, pakaian dalam wanita, plastik hitam
Tim SAR gabungan telah menemukan selang yang diduga menjadi bukti kuat dari pecahan pesawat yang terjatuh. Menurut salah satu polisi yang mendapatkan selang tersebut, selang tersebut berwarna hitam dan  berbau menyengat.
 
"Bau avtur nih selangnya, masih ada baunya," ujar polisi itu.
 
Selain itu, mereka juga menemukan pakaian dalam berwarna hijau. Ditemukan pula plastik berwarna hitam dengan tulisan fragile.
 
"Seperti ini juga diambil ya, ini plastik (untuk) kargo," ujar Kepala Seksi Pertolongan dan Penyelamatan Dit Polair, Kompol Faried.
 
4. Ban pesawat dan pakaian anak-anak
Hanya selang beberapa jam, tim SAR kembali menemukan barang bukti berupa ban pesawat dan pakaian anak-anak. 
 
"Barang bukti berupa serpihan ban pesawat dan pakaian anak-anak," dikutip berdasar informasi resmi humas Basarnas.
 
5. Jenazah Korban
Jenazah korban akhirnya mulai ditemukan tim SAR dalam pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Ada lima kantong jenazah pertama yang ditemukan mereka.
 
"Dari RIB (tim pencari menggunakan perahu karet) di last known position (LKP) telah menyerahkan kepada kami, berupa tiga kantong serpihan pesawat kemudian lima kantong (jenazah)," kata Direktur Operasi Basarnas, Brigadir Jendral (Mar) Razman di Breaking News Metro TV, Jakarta, Minggu, 10 Januari 2021.
 
Kemudian, terdapat penemuan tambahan dua kantong jenazah korban yang dilaporkan hanya selang beberapa menit.
 
"Pada hari ini, kami empat kali menerima dari tim pencarian yang ada di LKP (last know position)," kata Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman dalam keterangan tertulis, Minggu, 10 Januari 2021.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif