Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh. Foto: Medcom.id/ Kautsar Widya Prabowo
Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh. Foto: Medcom.id/ Kautsar Widya Prabowo

Ketua Dewan Pers Berharap Karya Jurnalistik Menyejukan

Nasional pers
Kautsar Widya Prabowo • 13 Juni 2019 06:20
Jakarta: Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh berharap insan pers dapat menghasilkan karya jurnalistik yang meneduhkan dan menyejukkan bukan memancing kontroversi di tengah tingginya tensi politik di Indonesia. Media bisa menghasilkan produk jurnalistik yang menyejukkan masyarakat.
 
"Kalau fungsi media menjadi pemanas, situasi bangsa panas, maka media harus jadi pendingin," ujarnya dalam sambutan acara pisah sambut Anggota Dewan Pers 2016-2019 dengan 2019-2022, di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Juni 2019.
 
Nuh menambahkan, karya jurnalistik yang menyejukkan dapat ikut meminimalisasi penyebaran berita bohong atau hoaks di tengah masyarakat. Dengan sendirinya masyarakat dapat dengan mudah membedakan berita bohong dan berita fakta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau media tidak bisa mendidik masyarakat secara keseluruhan, maka nanti masyarakat zaman sekarang tidak bisa menyaring. Karena dengan tingkat edukasi yang baik masyarakat secara otomatis melalui dirinya sendiri bisa melakukan filter," tuturnya.
 
Lebih lanjut, cara media dalam menyajikan berita juga harus lebih ditingkatkan kualitasnya. Setiap jurnalis harus memperkuat informasi dengan data-data yang akurat dan berimbang. Agar masyarakat dapat tercerahkan atas informasi yang disajikan oleh media.
 
"Masyarakat berbasis pengetahuan, kalau dia lemah urusan data, lemah dalam informasi. Maka ujung-ujungnya jangan berharap bentuk knowladge be society," pungkasnya.

 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif