Pelajar mengecet coretan sisa kerusuhan di DPR. Foto: Istimewa
Pelajar mengecet coretan sisa kerusuhan di DPR. Foto: Istimewa

Jejak Vandal Dihapus dari Senayan

Nasional demo massa demo mahasiswa Demonstrasi Mahasiswa
Yogi Bayu Aji • 04 Oktober 2019 19:08
Jakarta: Mahasiswa dan pelajar yang tergabung dalam kelompok Aktivis Milenial (Z) mengecat ulang tembok-tembok di kawasan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat. Fasilitas di kawasan ini menjadi sasaran aksi vandalisme pengunjuk rasa beberapa waktu lalu.
 
Inisiator kegiatan, Arief Rosyid, mengatakan aksinya berawal dari keresahan atas coretan-coretan bekas kerusuhan di berbagai sudut jalanan kawasan Gedung MPR/DPR/DPD. Kondisi ini membuat Ibu Kota terkesan kumuh.
 
"Kami dari aktivis milenial dan kawan-kawan pelajar dari SMA dan SMK sederajat mengapresiasi bahwa budaya demokrasi anak-anak muda tetap subur dan berkembang, baik aktivis yang turun kejalan maupun yang meramaikan dunia maya," kata Arief disela-sela pengecatan tembok, Jumat 4 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia sejatinya merespons positif unjuk rasa mahasiswa dan pelajar beberapa waktu lalu. Namun, demo itu tercoreng dengan adanya kerusuhan dan perusakan fasilitas umum. Untuk itu, aksi mengecat tembok menjadi bentuk tanggung jawab mahasiswa dan pelajar.
 
Presiden Forum OSIS DKI Jakarta Alvinaldy Fitrah, yang mengikuti aksi, menegaskan pelajar tidak bisa disalahkan bila ikut menyampaikan pendapat. Dia menilai gerakan pelajar itu sebuah kemajuan dan bentuk kepedulian akan demokrasi.
 
"Yang perlu dilakukan adalah bersama menyiapkan wadah untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi dan keresahannya dalam melihat isu-isu politik di Indonesia sesuai dengan ranahnya sebagai pelajar," kata murid kelas tiga SMA ini.
 
Seperti diketahui, gelombang demonstrasi penolakan terhadap sejumlah rancangan undang-undang (RUU) bergulir mulai pada 23 dan 24 September 2019 dari mahasiswa dan pelajar di depan Gedung DPR. Namun, aksi mereka berakhir dengan kerusuhan.
 

 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif