Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.

Lestarikan Lingkungan, Sandiaga Ingatkan Soal Sampah

Antara • 26 November 2022 23:42
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta masyarakat sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan. Pasalnya, keindahan alam Indonesia merupakan salah satu faktor yang bisa menarik minat wisatawan.
 
Permintaan itu dibeberkan Sandiaga usai mencoba berenang sejauh 800 meter di Pulau Dodala, Kabupaten Morotai, Maluku Utara. Menparekraf melihat masih banyak sampah betebaran saat mencoba berenang di laut bebas itu.
 
"Indonesia bagian timur ini untuk bahu-membahu, bergotong royong, sampah itu harus diselesaikan di hulu. Jika kita melakukan reduce, reuse, recycle, semua tadi kita lihat ada sampah plastik, ada juga kayu-kayu, ada juga tutup botol," kata Sandiaga melalui keterangan tertulis, Sabtu, 26 November 2022.
 

Baca: Sandiaga Apresiasi Sineas Bali dan NTB di Festival Film Bulanan


Sandiaga meyakini keindahan laut di Pulau Dodala bisa menarik minat datang para pelancong. Roda ekonomi pun diyakini berputar jika keindahannya terus dijaga masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah setempat diharap bisa mengajak masyarakatnya untuk melestarikan lingkungan di sana. Seluruh sistem pengolahan sampah diharap dimaksimalkan agar tidak mencemarkan alam.
 
"Kita harus pastikan bahwa kita memiliki sistem menangkal sampah dari hulu. Tapi kalau sudah sampai laut seperti ini kita harus memiliki kemampuan untuk mengorkestrasi kelompok-kelompok sadar lingkungan membersihkan pantai, pembersihan laut, dan meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian alam kita," ujar Sandiaga.
 
Sandiaga mengatakan pelestarian alam penting untuk memutar roda ekonomi di sektor pariwisata. Pelancong diyakini bakal balik lagi dan merekomendasikan orang sekitarnya jika alam di tempat wisata sangat indah.
 
"Banyak yang melihat parawisata itu hanyalah bisa menyumbangkan sedikit dari geliat ekonomi sekitar 4,3 persen, tetapi 20 juta lapangan kerja jika ditambah dengan kegiatan kelestarian alam kita bisa menambah lebih dari 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024," kata Sandiaga.
 
Dalam kesempatan itu, Sandiaga sempat menanam pohon cemara di sekitaran pantai Pulau Dodala. Penanaman pohon itu diharap bisa dicontoh masyarakat untuk mengantisipasi ancaman abrasi di masa depan.
 
"Karena kita menikmati alam kita harus melestarikan alam dengan menanam pohon kaswari yang sering disebut sebagai pinus pantai, atau cemara," ucap Sandiaga.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif