Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menangkap 83 kapal pencuri ikan di perairan Indonesia. Foto: Metro TV
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menangkap 83 kapal pencuri ikan di perairan Indonesia. Foto: Metro TV

Tangkap 83 Kapal Pencuri Ikan, Kementerian KKP Selamatkan Kerugian Negara 276 Miliar

MetroTV • 10 Agustus 2022 21:46
Jakarta: Terhitung sampai dengan Juli 2022, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menangkap 83 kapal pencuri ikan di perairan Indonesia. Diketahui sebanyak 72 dari 83 unit kapal yang ditangkap adalah kapal berbendera Indonesia. 
 
Sebanyak 83 kapal pencuri ikan terdiri dari; 72 unit kapal berbendera Indonesia, delapan unit kapal berbendera Malaysia, satu unit kapal berbendera Filipina, dan dua unit kapal berbendera Vietnam. Penangkapan 83 unit kapal ini telah menyelamatkan potensi kerugian negara hingga 276 miliar rupiah. 
 
“Sepanjang semester satu sampai dengan bulan Juli 2022 kita telah berhasil menangkap kapal kurang lebih 83 unit kapal ikan,” kata Laksamana Muda TNI Adin Nurawaludding, Dirjen Pengawasan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (PSDKP) dalam tayangan Newsline, Metro TV, Rabu 10 Agustus 2022. 
 
Tangkap 83 Kapal Pencuri Ikan, Kementerian KKP Selamatkan Kerugian Negara 276 Miliar
Laksamana Muda TNI Adin Nurawaludding, Dirjen Pengawasan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (PSDKP) dalam tayangan Newsline, Metro TV. Rabu 10 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kapal pencuri ikan asal Vietnam menjadi kapal yang terakhir ditangkap oleh Kapal Hiu Macan 01 yang dikomandoi oleh Kapten Samson. Ada dua kapal Vietnam membawa muatan 11 ton ikan dan 14 orang awak kapal.  
 
“Tangkapan terakhir Kapal Vietnam terjadi di hari Minggu tanggal 24 Juli 2022, ditangkap oleh Kapal Hiu Macan 01 dengan muatan kurang lebih 11 ton ikan pada saat ditangkap. Awak kapal berjumlah kurang lebih totalnya 2 kapal ada 14 orang,” jelas Adin.  
 
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana memberikan penghargaan kepada awak dan komandan Kapal Hiu Macan 01 atas keberhasilan mereka dalam menangkap dan menjaga wilayah teritorial laut Indonesia dari curian kapal asing. 
 
Selain penangkapan 83 unit kapal pencuri ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga sedang memproses 109 kasus yang terdiri dari 91 kasus perikanan dan 18 kasus kelautan.  
 
Annisa Ambarwaty
 
(WAN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif