Ilustrasi medcom.id
Ilustrasi medcom.id

Pemerintah Beri Kabar Baik Soal Virus Korona Varian Baru

Patrick Pinaria • 07 Maret 2021 17:15
Jakarta: Indonesia mendapat kabar buruk saat resmi setahun dilanda virus korona (covid-19) pada Selasa 2 Maret. Saat itu, varian baru dari virus tersebut atau yang dikenal dengan istilah B117 dilaporkan telah masuk ke Tanah Air.
 
Kabar ini tentu menggemparkan buat masyarakat Indonesia. Apalagi, varian baru dari virus yang ditemukan di Inggris itu memiliki daya penularan yang lebih cepat dari covid-19 sebelumnya.
 
Namun, ada kabar baik terkait virus tersebut. Menurut pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penularan virus tersebut masih bisa dicegah dengan vaksin covid-19 yang sedang diprogramkan di Indonesia dan juga seluruh dunia. Hal itu dikemukakan oleh Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Vaksin yang sekarang digunakan pemerintah masih efektif untuk mencegah penularan mutasi virus," ujar Nadia dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (7/3/2021).
 
Lebih lanjut, Nadia belum bisa memastikan tingkat keganasan virus varian baru covid-19. Karena itu, ia tetap meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus tersebut. 
 
"Hingga saat ini, kami belum mendapatkan bukti ilmiah bahwa virus mutasi covid-19 ini lebih tinggi tingkat keganasannya dibanding virus covid-19 yang awal. Namun,beberapa penelitian di negara lain menunjukkan varian virus baru ini lebih cepat menular," tambahnya.
 
Nadia menyampaikan virus korona adalah tipe virus ribonucleic acid (RNA) yang secara alami mudah mengalami mutasi. Ia mempunyai mutasi memiliki kemampuan virus untuk bertahan hidup.
 
Mutasi terjadi pada bagian tanduk atau spike dari virus yang menyebabkan virus lebih mudah masuk ke sel sasaran sehingga penularannya akan lebih cepat dibanding varian yang lama. Kecepatan penularan mutasi virus tersebut tidak menyebabkan bertambah parahnya penyakit, namun penelitian terkait varian baru ini terus dilakukan.
 
(ACF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif