Abu Bakar Ba'asyir sebelum meninggalkan Lapas Kelas IIA Gunungsindur, Jawa Barat, Jumat 8 Januari (ANTARA/HO Istimewa)
Abu Bakar Ba'asyir sebelum meninggalkan Lapas Kelas IIA Gunungsindur, Jawa Barat, Jumat 8 Januari (ANTARA/HO Istimewa)

Abu Bakar Ba'asyir Bebas, Gerakan Terorisme di Indonesia kembali Menguat?

Nasional terorisme abu bakar baasyir
Rendy Renuki H • 08 Januari 2021 14:01
Jakarta: Abu Bakar Ba'asyir telah keluar dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gunungsindur usai dinyatakan bebas, Jumat 8 Januari 2021 pagi. Bebasnya Ba'asyir memunculkan isu gerakan terorisme di Indonesia kembali menguat.
 
Berkaca dari pengalaman, pengamat terorisme Ridlwan Habib mengatakan intensitas teror kerap muncul di awal tahun. Hal ini terjadi sejak 2016. Saat itu, teror bom Thamrin terjadi awal 2016.
 
"Mereka ini kan ternyata sudah melakukan konsolidasi. Bahkan, sampai menimbun bahan senjata dan mengumpulkan logistik dalam bentuk uang. Seperti yang terungkap di Lampung, jumlahnya miliaran itu," kata Ridlwan dalam perbincangan di Metro TV, Jumat, 8 Januari 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, secara intensitas ini sangat menguat terutama di awal tahun. Jangan lupa 2016 serangan bom Thamrin terjadi pada 14 Januari," sambung pengamat terorisme Universitas Indonesia tersebut.
 
Apalagi menurutnya figur Ba'asyir masih cukup disegani sebagai pimpinan Majelis Mujahidin Indonesia. Ia menilai belum ada lagi sosok di Indonesia yang punya pengaruh besar bagi jaringan terorisme.
 
"Sebesar Abu Bakar Ba'asyir saya kira sulit dicari tandingannya. Karena Ustad Abu ini yang paling senior, beliau kan satu angkatan dengan Abdullah Sungkar (pendiri Jamaah Islamiyah)," tutur Ridlwan. 
 
"Bahkan untuk kelas Aman Abdurrahman sekali pun secara pengaruh masih jauh di bawah beliau. Jadi, sekarang, secara kapabilitas, pengaruh, dan personality yang paling ultimate ya Ustad Abu di Indonesia," kata dia.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif