Ketua Dewan Masjid Indonesia M Jusuf Kalla meresmikan pemancangan tiang pertama pembangunan Masjid Apung Ancol. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami
Ketua Dewan Masjid Indonesia M Jusuf Kalla meresmikan pemancangan tiang pertama pembangunan Masjid Apung Ancol. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami

Pemprov DKI Bakal Hadirkan Masjid Apung

Nasional pemprov dki masjid raya jakarta Taman Impian Jaya Ancol
Suci Sedya Utami • 09 November 2019 19:24
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta terus melakukan inovasi dalam tiap pembangunan. Salah satunya pembangunan masjid.
 
Ketua Dewan Masjid Indonesia M Jusuf Kalla (JK) mengatakan masjid dibangun di banyak tempat buat memfasilitasi umat muslim salat lima waktu dengan lebih fleksibel. Masjid apung pertama di Jakarta bakal dibangun di kawasan Ancol.
 
"Oke kalau begitu kita butuh tempat ibadah yang memenuhi ketentuan agama yang sah. Sehingga menikmati Ancol tanpa harus takut terbatasi untuk lakukan salat," kata JK saat pemancangan tiang pembangunan masjid apung di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 9 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


JK mengatakan pembangunan masjid apung bisa membuat kawasan Ancol jauh lebih ramai. Masjid juga bisa menjadi daya pikat baru bagi wisata di Indonesia khususnya Jakarta.
 
"Pengalaman masjid untuk tempat wisata religi misalnya Masjid Kubah Emas banyak rombongan menggunakan bus-bus datang untuk melihat kubanya yang berasal dari emas. Apalagi nantinya Masjid Apung Ancol didesain dengan bentuk futuristik yang tidak kalah menarik," tutur JK.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Ancol bukan cuma tempat bagi Pemprov DKI mendapatkan penghasilan. Dia menyebut tempat wisata perlu mementingkan aspek atau fungsi sosial.
 
Anies menyebut nantinya masjid bakal didesain menarik dan berbeda dari masjid pada umumnya. Dia memastikan berkegiatan di masjid apung bakal memberikan pengalaman baru bagi pengunjung.
 
"Jemaah masjid punya pengalaman bersama dengan alam baik permukaan air laut yang naik turun, perubahan malam dan siang, posisi matahari dan posisi bulan, ini jadi sesuatu yang unik," kata Anies.
 
JK meresmikan pemancangan tiang pertama pembangunan Masjid Apung Ancol, Sabtu, 9 November 2019. Dia didampingi Anies dan Direktur Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali.
 
Proses pembangunan masjid direncanakan satu tahun. Nantinya, area masjid memiliki luas 2.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 jemaah.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif