Sejumlah buruh memadati Tennis Indoor Senayan, Jakarta. (Foto: Medcom.id/Intan Yunelia)
Sejumlah buruh memadati Tennis Indoor Senayan, Jakarta. (Foto: Medcom.id/Intan Yunelia)

20 Ribu Pekerja Metal Diprediksi Ramaikan Peringatan Hari Buruh

Nasional hari buruh
Intan Yunelia • 01 Mei 2019 11:03
Jakarta: Sebanyak 20 ribu buruh dari organisasi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) diprediksi akan memadati Kawasan Tenis Indoor Senayan, Jakarta. Buruh berasal dari kawasan sekitar Jabodetabek.
 
"Insyaallah anggota kita akan ikut kegiatan kita ini sebanyak 20 ribu dari daerah Jawa Barat, DKI dan Banten," kata Ketua Panitia FSPMI), Ride Hatamajis di Kawasan Tenis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 1 Mei 2019.
 
Tuntutan utamanya, mereka meminta pemerintah untuk menghapuskan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. PP ini dinilai merugikan kaum buruh dan hanya menguntungkan perusahaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita meminta dicabutnya PP Nomor 78 Tahun 2015 kemudian kami meminta untuk outsourcing dihapuskan," ujarnya.
 
Baca juga:Polres Bekasi Sediakan Layanan SIM Gratis saat May Day
 
Tak hanya itu, upah buruh pun diminta kembali kembali ke Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Upah yang sekarang belum memenuhi Kebutuhan Hidup Layak (KHL) para buruh.
 
"Karena bagi kami itu (masalah) fundamental. Masalah upah adalah hak kami yang paling dasar," jelasnya.
 
Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla tak masalah buruh turun ke jalan saat peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada Rabu, 1 Mei 2019. Namun, dia meminta buruh tertib.
 
"Mau di jalan silakan, tapi jangan menghambat lalu lintas," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 30 April 2019.
 
Puluhan ribu buruh rencananya turun ke jalan saat May Day. Diperkirakan ada 20 ribu lebih buruh dari beberapa daerah yang akan kumpul Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif