Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Tiga Sumber Penularan Virus Korona di Indonesia

Nasional Virus Korona Rangkuman Nasional
Yogi Bayu Aji • 09 Maret 2020 21:29
Jakarta: Virus korona (covid-19) sudah menjangkit 19 orang di Indonesia. Gejala flu hingga deman tinggi disertai sesak napas menyerang para penderita.
 
Kemunculan virus korona di Indonesia pertama kali diumumkan pemerintah, Senin, 2 Maret 2020. Virus ini menyerang dua pasien, ibu dan anak. Semenjak pengumuman pertama, jumlah pasien perlahan melonjak.
 
Pada Senin, 9 Maret 2020, ada 13 pasien positif terkena virus korona baru dari sebelumnya hanya enam pasien. Sebanyak 11 penderita adalah warga Indonesia, sedangkan dua orang lainnya warga negara asing (WNA).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Jumlah Pasien Positif Korona Melonjak Jadi 19 Orang
 
Berdasarkan data yang dihimpun News Research Center (NRC), penularan virus berbahaya ini di Tanah Air setidaknya berasal dari tiga sumber. Hal ini meliputi kontak erat dengan pasien, kapal Diamond Princess, dan kunjungan ke luar negeri.

1. Kontak erat


Kasus virus korona pertama kali menyerang pasien 01. Dia berkontak dengan WNA Jepang di Jakarta. Belakangan, warga Jepang yang berdomisili di Malaysia itu dipastikan positif mengidap virus korona.
 
Virus ini kemudian menjalar pasien kasus 02 yang merupakan ibu dari pasien 01. Virus juga menyerang pasien 03, 04, dan 05 yang berkontak erat dengan pasien 01.
 
Pasien kasus 10 (WNA), 11 (WNA), dan 12 kemudian diketahui terkena virus korona dari penelusuran orang yang berkontak dengan pasien 01. Sementara itu, pasien 13 menjadi subklaster pasien 03.
 
Selain itu, kasus penularan serupa menimpa pasien 08 yang kontak erat dengan pasien 07 yang pergi ke luar negeri. Pasien kasus 16 juga terserang setelah berkontak dengan pasien kasus 15 yang baru pulang ke Tanah Air.
 
Tiga Sumber Penularan Virus Korona di Indonesia
Petugas medis menjalankan simulasi penanganan pasien terjangkit virus korona di RS Margono Soekarjo Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Senin, 3 Februari 2020. Foto: Antara/Idhad Zakaria

2. Kapal Diamond Princess


Seorang kru kapal pesiar Diamond Princess menjadi pasien ke-6 virus korona. Lelaki 36 tahun ini diduga terserang virus saat kapalnya bersandar di Jepang.
 
Diamond Princessmenjadiepisentrum baru virus korona. Kapal ini memiliki 69 anak buah kapal (ABK) asal Indonesia. Namun, hanya pasien 06 yang positif terkena virus korona.

3. Kunjungan ke luar negeri


Pasien 07 positif terkena virus korona selepas pulang dari perjalanan ke luar negeri. Hasil ini didapat setelah pasien diperiksa dengan metode polymerase chain reaction dan genome sequencing.
 
Suami pasien kasus 07 juga tertular virus korona. Kondisi sang suami diperparah karena memiliki riwayat penyakit diare dan diabetes.
 
Pasien kasus 09 juga tertular penyakit ini setelah keluar negeri alias imported case. Fenomena serupa juga dialami pasien kasus 14, 15, 17, 18, dan 19.
 
Sementara itu, pemerintah enggak membuka dari negara mana para penderita ini pergi. Pemerintah hanya memastikan para pasien tak mendatangi negara episentrum virus korona, seperti Tiongkok, Korea Selatan, Italia, dan Iran.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif