Ilustrasi--Metro TV - Kumbang Ari
Ilustrasi--Metro TV - Kumbang Ari

Kronologi Pembakaran Mapolsek Ciracas

Nasional Kerusuhan di Ciracas
Annisa ayu artanti • 12 Desember 2018 09:57
Jakarta: Sekelompok massa merusak dan mambakar Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur, pada Selasa, 11 Desember malam hingga Rabu 12 Desember 2018 dini hari. Kejadian berlangsung pada pukul 23.45 sampai 02.30 WIB.

Berdasarkan informasi yang diterima Medcom.id, saat itu sebanyak 1.000 orang mengepung Mapolsek Ciracas. Pengepungan ini diduga dipicu atas kasus penganiayaan anggota TNI oleh sejumlah tukang parkir di depan pertokoan Arundina, Cibubur, Jakarta Timur, Senin, 10 Desember 2018 siang.

Malam sebelum kejadian, sekitar pukul 22.20 WIB, Kapolres Jakarta Timur tiba di Mapolsek Ciracas. Ia datang bersamaan dengan kedatangan ratusan orang yang siap mendatangi mapolsek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Kapolres Jakarta Timur bersama Danrem, Dandim Jakarta Timur, komandan Denpom Jaya, beserta Kasubdit Paminal Polda Metro Jaya berusaha untuk menenangkan dan membubarkan massa. Namun, massa masih tetap marah karena ingin menjemput pelaku penganiayaan yang sedang ditahan di Polsek Ciracas. Massa memaksa masuk ke parkiran polsek, namun diadang kapolsek. Kapolsek justru dikeroyok hingga pingsan. Setelah itu, massa masuk ke dalam polsek. Selama di dalam, mereka juga memukul Kasubdit Paminal Polda Metro Jaya, Denpom, serta Dandim. 

Beberapa anggota Polri juga menjadi korban, antara lain KPL Agus Widartono, Aiptu Andri Setiawan, Bripda Jordan Satria Reidika, dan Brig Hartanto.

Pukul 23.00 WIB, Danrem mengarah ke Arundina Ciracas untuk meredam aksi massa. Tetapi, massa bertambah banyak hingga mencapai 1.000 orang.

Kerusuhan juga membuat dua warga sipil bernama Tumpal Manota Sidabutar, 23, dan Kevin, 23, terluka. Saat kejadian, keduanya sedang berkendara sepeda motor melewati massa.

Pukul 00.00 WIB massa semakin beringas dan memukuli seluruh anggota polisi yang berjaga di mapolsek. Tak hanya itu, mereka juga mulai menghancurkan dan membakar mapolsek. Kendaraan dinas dan bangunan Polsek Ciracas mengalami kerusakan.




(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi