Para pembalap melepas tukik sebagai simbol pelestarian lingkungan. Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan
Para pembalap melepas tukik sebagai simbol pelestarian lingkungan. Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan

Pembalap Tour de Banyuwangi-Ijen Melepas Tukik

Nasional itdbi banyuwangi banyuwangi
Tri Kurniawan • 26 September 2017 20:55
medcom.id, Banyuwangi: 100 pembalap International Tour de Banyuwangi-Ijen (ITdBI) 2017 melepas 80 ekor tukik di Pantai Cacalan, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur. Melalui pelepasan tukik, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memberi pesan bahwa menjaga lingkungan sangat penting.
 
Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Setyoardinie mengatakan, Banyuwangi memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Timur. Di dunia, ada tujuh jenis penyu, empat di antaranya bertelur di Banyuwangi, yakni Penyu Belimbing, Penyu Lekang, Penyu Hijau, dan Penyu Sisik.
 
Apa hubungannya kondisi pantai dengan penyu? Setyoardinie atau biasa disapa Dini mengatakan, penyu hanya hidup di pantai yang bersih. "Kalau ada penyu, berarti pantainya bersih," kata Dini kepada Metrotvnews.com, Selasa 26 September 2017.
Pembalap Tour de Banyuwangi-Ijen Melepas Tukik
Dia menyampaikan, di pantai daerah Kota Banyuwangi ada 12,5 kilometer titik penyu bertelur. Lokasi pelepasan 80 tukik berusia tiga bulan tersebut sekira satu kilometer dari pusat kota. Acara ini disaksikan wisatawan di Pantai Cacalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini sebagai pesan konservasi pentingnya menjaga lingkungan," ujar Dini.
 
Tsubaki Hiroshi dan Jai Crawford, pembalap Kinan Cycling Team, sangat menikmati acara pelepasan tukik. Menurut Tsubaki, ajang balap sepeda didahului dengan pelepasan tukik hanya ada di ITdBI.
 
"Ini sangat unik dan menyenangkan," kata Tsubaki. Sedangkan Jai mengaku hari ini ia punya pengalaman luar biasa karena bisa melihat anak penyu dari dekat. "Fantastik."
 
Setelah melepas tukik, dari Pantai Cacalan para pembalap, masih lengkap dengan pakaian balap dan sepeda, mereka berkeliling kota atau city tour. Banyak warga Banyuwangi berbaris di sepanjang jalan menyaksikan para pembalap.
 
City tour berakhir di Pendopo Shaba Swagata, Jalan Sri Tanjung 1. Di sana mereka makan malam dan dikenalkan dengan konsep green building di rumah dinas bupati.
Pembalap Tour de Banyuwangi-Ijen Melepas Tukik
Pembalap menuju Pantai Cacalan. Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan
 
Makan malam dihadiri Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiatmoko, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Wawan Yadmadi, Chairman ITdBI 2017 Guntur Priambodo, pengurus Union Cycliste International (UCI), Wakil Ketua Umum PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Engkos Sadrah. Sedangkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berhalangan hadir karena ada kegiatan bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur.
 
Malam ini, para pembalap menghadiri pembukaan ITdBI 2017 di Taman Blambangan. Mereka diperkenalkan ke masyarakat. Atraksi seni budaya membuat pembukaan ITdBI semakin meriah.
 

(TRK)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif