Ilustrasi doa memakai baju baru saat Idulfitri. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi doa memakai baju baru saat Idulfitri. Medcom.id/M Rizal

Berbaju Baru Saat Idulfitri? Ini Doa Agar Lebih Berkah

Nasional hari raya idul fitri islam Idulfitri 1443 Ramadan 2022
Surya Perkasa • 02 Mei 2022 10:17
Jakarta: Idulfitri merupakan hari besar umat Islam yang ditunggu-tunggu setelah menjalankan ibadah puasa sepanjang Ramadan. Muslim disunahkan menyambut perayaan kemenangan dengan berhias dan mengenakan pakaian terbaik yang dimiliki.
 
Kesunahan ini juga berlaku bagi yang memiliki kelapangan rezeki, yakni dengan memilih dan membeli baju baru yang disukai. Bagi anda yang tahu, ada doa yang dapat dibaca ketika mengenakan pakaian baru pada Hari Raya.
 
Baca: Idulfitri di Aceh Berbeda Karena Sebagian Warga Masih Berpuasa

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya Imam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, beriku doa mengenakan pakaian baru:
 
Allaahumma lakal hamdu anta kasautiniihi as-aluka khoiruhu wa khoiro maa shuni’a lahu wa a’uudzu bika min syarrihi wa syarri maa shuni’a.
 
Artinya:
“Ya Allah, hanya kepada-Mu lah segala puji. Engkaulah yang telah memberiku pakaian, aku mohon kepada-Mu kebaikannya (pakaian ini) dan kebaikan yang ada padanya dan aku berlindung dari keburukannya (pakaian ini) dan keburukan yang ada padanya.”
 
Doa ini, diambil dari hadits yang diceritakan Abu Said Al-Khudry:
 
“Apabila mengenakan pakaian baru, Rasulullah Muhammad ?, menyebut namanya seperti gamis, serban, atau selendang, kemudian membaca doa; Allaahumma lakal hamdu anta kasautiniihi as-aluka khoiruhu wa khoiro maa shuni’a lahu wa a’uudzu bika min syarrihi wa syarri maa shuni’a'." (HR At-Tirmidzi dan Nasa’i)
 

Konten ini dikutip dari artikel Oase.id yang berjudul: Rayakan Idulfitri, Ini Doa Memakai Baju Baru
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif