Baznas Kumpulkan Rp54 Miliar di Ramadan 1439H
Deputi Baznas Arifin Purwakananta--Istimewa
Jakarta: Target penerimaan zakat pada Ramadan 1439 oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di tingkat pusat telah melampaui target. Baznas di tingkat pusat telah menghimpun total zakat hingga Rp54 miliar pada hari terakhir Ramadan kali ini. 

Deputi Baznas Arifin Purwakananta mengatakan, hingga siang ini, Baznas telah menghimpun hingga Rp54 miliar lebih. Ia berharap, hingga nanti pengumpulan zakat berakhir, zakat yang diterima bisa mencapai Rp56 miliar.

"Sampai siang ini kami telah melewati pengumpulan Rp54 miliar itu. Kami harap naik sampai Rp56 miliar lebih, sehingga zakat yang terima di pusat adalah 40 persen kenaikannya," kata Arifin saat dihubungi Medcom.id di Jakarta, Kamis, 14 Juni 2018.


Baca: Jokowi Bayar Zakat Rp50 Juta via Baznas

Sementara itu, di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, penerimaan zakat Baznas pada Ramadan kali ini mencapai Rp3 triliun. Zakat itu dihimpun dari 500 kantor lembaga, mulai dari Baznas Pusat, Baznas Provinsi, Baznas Kabupaten-Kota, dan lembaga amil zakat lain yang terdaftar.

Angka itu melebihi target penerimaan zakat tahun lalu yang hanya Rp2 triliun pada bulan Ramadan. Sementara itu, untuk target sepanjang tahun 2018, Baznas menargetkan mencapai penerimaan zakat hingga Rp8 triliun.



Arifin mengatakan, penerimaan zakat tahun ini yang melebihi target tak lepas dari animo masyarakat yang cukup tinggi terkait zakat. 

"Ini cerminan animo yang tinggi dari masyarakat terhadap Baznas. Kalau di tingkat nasional rata-rata naiknya 20 persen," tandasnya.



(YDH)