Ilustrasi mencuci tangan dengan sabu. Pexel
Ilustrasi mencuci tangan dengan sabu. Pexel

Pandemi Covid-19 Jadi Pengingat Pentingnya Cuci Tangan

Nasional Virus Korona protokol kesehatan Ingat Pesan Ibu Satgas Covid-19
Renatha Swasty • 15 Oktober 2020 17:43
Jakarta: Akses mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir belum dapat dinikmati semua orang di dunia. Padahal, mencuci tangan merupakan cara sederhana agar terhindar dari penyakit menular.
 
"Pandemi covid-19 telah menjadi pengigat yang kuat bagi kita semua bahwa salah satu cara paling sederhana namun efektif untuk menghentikan penyebaran virus adalah perilaku cuci tangan dengan sabun dan air mengalir," kata Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari dalam Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia secara virtual, Kamis, 15 Oktober 2020.
 
Kirana menyebut akses masyarakat dunia pada sarana cuci tangan dengan sabun masih terbatas. Tercatat hanya 40 persen populasi dunia atau tiga miliar orang yang dapat mengakses sarana cuci tangan dengan sabun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, di Indonesia berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) pada 2018, hanya setengah masyarakat Indonesia dengan usia di atas 10 tahun yang mempraktikkan perilaku cuci tangan pakai sabun dengan benar.
 
Dia menyebut di DKI Jakarta yang menjadi episentrum covid-19 hanya 73 persen orang yang mengakses sarana cuci tangan pakai sabun. Pemerintah tengah mengupayakan penambahan akses saran cuci tangan pakai sabun di seluruh wilayah Indonesia.
 
"Kebersihan tangan penting menjaga anak-anak kita, guru, dokter, tenaga kesehatan, pekerja, dan masyarakat secara umum aman dari penyebaran covid dan penyakit menular lainnya," tutur dia.
 
Kirana menyebut sejak wabah covid-19 masuk Indonesia pada Maret 2020, Presiden Joko Widodo telah memperjuangkan perang melawan pandemi dengan protokol kesehatan. Yaitu, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.
 
"Ketiganya bagian kampanye nasional. Jangan kendor harus kita dengungkan," ujar Kirana.
 
Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 baru-baru ini mengampanyekan #ingatpesanibu. Pemerintah berharap kampanye ingat pesan ibu efektif mengajak masyarakat disiplin menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
 
Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif