Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendampingi Ani Yudhoyono, saat menjalani perawatan di National University Hospital Singapura. Foto: MI/Agus Mulyawan
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendampingi Ani Yudhoyono, saat menjalani perawatan di National University Hospital Singapura. Foto: MI/Agus Mulyawan

Ani Yudhoyono Meninggal

Nasional obituari
Damar Iradat • 01 Juni 2019 11:46
Jakarta: Istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herrawati (Ani Yudhoyono) menghembuskan napas terakhirnya di Singapura, Sabtu, 1 Juni 2019. Ani wafat setelah berjuang melawan kanker darah selama beberapa bulan terakhir.
 
"Telah berpulang ke Rahmatullah, Ibu Kristiani Herrawati Binti Sarwo Edhie Wibowo, mantan Ibu Negara, Istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di usia 67 tahun," kata Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan saat dikonfirmasi, Sabtu, 1 Juni 2019.
 
Ani meninggal pukul 11.50 waktu Singapura. Ani meninggal setelah menjalani perawatan di National University Hosiptal (NUH), Singapura.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keluarga SBY memohon agar masyarakat Indonesia memaafkan kesalahan Ani. Mereka juga meminta agar masyarakat mendoakan Ani.
 
"Kita doakan semoga arwah almarhumah diterima di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menerima ujian ini," ujar Ossy.
 
Ani Yudhoyono sebelumnya menjalani perawatan intensif di ICU NUH Singapura. Ani harus menjalani perawatan intensif untuk mengatasi penyakit kanker darah yang dideritanya.
 
Ani Yudhoyono menjalani perawatan di NUH Singapura sejak 2 Februari 2019 karena penyakit kanker darah.
 
Profil Ani Yudhoyono
 
Ani lahir di Yogyakarta 6 Juli 1952. Dia merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara.
 
Ani sempat mengeyam pendidikan hingga bangku kuliah. Dia lulusan sarjana Ilmu Politik di Universitas Terbuka pada 1998. Ani juga sempat kuliah di Fakultas Kedokteran di Universitas Kristen Indonesia (UKI), namun tidak selesai lantaran harus ikut ayahnya, Sarwo Edhie Wibowo yang bertugas menjadi Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan.
 
Ani menikah dengan SBY pada 30 Juli 1976. Keduanya dikaruniai dua anak yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.
 
Ani dikenal setia mendampingi sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono. Dia juga terus menemani perjalanan SBY mulai dari prajurit TNI hingga terjun ke politik.
 
Pada 20 Oktober 2004, SBY yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla berhasil menjadi Presiden. Ani pun menjadi Ibu Negara ke-6 RI. Lima tahun kemudian, SBY kembali bertarung di Pilpres 2019 dan menang. Alhasil, Ani menjadi Ibu Negara selama 10 tahun.
 
Ani semasa hidupnya juga aktif di organisasi. Dia tercatat menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, pengurus Pelindung Nasional Women's Internasional Club, Pelindung Utama Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dan Pelincung Aliansi Pita Putih Indonesia.
 
Ani juga menjabat sebagai Ketua Kehormatan Perkumpulan Pemerataan Tuberkulosis, Penasihat Utama Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia dan Persatuan Istri Purnawirawan, Penasihat Paguyuban Ria Pembangunan, Pembina Dewan Kerajinan, Pembina Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu, Pembina Cinta Tenun Indonesia, Pembina Mutu Manikam Nusantara Indonesia, Duta Nasional HIV/AID dan ASI dan Bunda PAUD se-Indonesia.
 
Selain itu, Ani juga memiliki hobi berkebun dan fotografi. Hasil jepretannya bahkan kerap dipamerkan di Instagram pribadinya @aniyudhoyono dan dijadikan buku.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif