Tim Satgas Yonif 126/KC Temukan Ladang Ganja Di Perbatasan RI-PNG. Dok: TNI.
Tim Satgas Yonif 126/KC Temukan Ladang Ganja Di Perbatasan RI-PNG. Dok: TNI.

Tantangan Besar Menjaga Perbatasan di Papua

Nasional tni perbatasan daerah perbatasan
Zakaria Habib • 17 November 2019 01:10
Jakarta: Perbatasan wilayah merupakan penegasan penting atas batas kekuasaan politik suatu negara terhadap negara lain. Kawasan ini jadi sensitif sebab memungkinkan berbagai hal masuk atau keluar dari suatu negara yang bisa saja membahayakan atau merugikan negara tersebut.
 
Indonesia memiliki perbatasan dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darusaalam di Pulau Kalimantan. Namun, menurut Direktur Topografi TNI AD Brigjen Asep Edi Rosidin, perbatasan yang paling sulit dijaga bukan di wilayah tersebut melainkanbagian timur Indonesia, yakni Provinsi Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini (PNG).
 
"Wilayah yang paling sulit dijaga kalau dilihat medan geografisnya Papua," kata Asep usai diskusi di Jakarta, Sabtu, 16 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Asep semua perbatasan sebenarnya sulit dijaga. Seperti di Kalimantan Barat sebelah timur yang reliefnya mulai terjal. Kemudian di Kalimantan Utara yang tidak cocok untuk daerah perkebunan.
 
"Namun yang paling ekstrim di Papua. Di Papua kan reliefnya lebih ekstrim lagi, ketinggiannya pun lebih tinggi," kata Asep.
 
Meski demikian, kondisi ini bukan penghalang bagi para abdi negara yang haus dengan tantangan baru. Wilayah perbatasam di Papuan menjadi penting untuk bisa berada tetap di dalam kedaualatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
TIM Prajurit Satgas Pamtas Yonif 126/KC bahkan pernah menemukan ladang ganja siap panen ketika sedang lakukan patroli keamanan di sekitar 3 kilometer dari Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua. Ladang ganja seluas 20 x 20 meter tersebut tepat berada di wilayah perbatasan RI-PNG.
 
Personel patroli melaksanakan tugas dengan bangga. Selain bertujuan untuk menjaga keamanan di wilayah perbatasan, mereka juga mengantisipasi peredaran narkoba terutama jenis ganja, karena selama ini peredarannya banyak dari wilayah perbatasan RI-PNG.
 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif