Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Kemenkes Sediakan 5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 untuk Lansia di DKI Jakarta

Nasional Virus Korona vaksinasi kemenkes pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 21 Februari 2021 18:28
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan vaksin untuk masyarakat lanjut usia (lansia). Penyuntikan vaksin untuk kelompok ini diawali di DKI Jakarta.
 
"Di DKI Jakarta itu kurang lebih sekitar 5 juta sasaran," kata juru bicara vaksinasi covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, dalam webinar series Tim Advokasi Vaksinasi, Minggu, 21 Februari 2021.
 
Sebanyak 21,5 juta lansia menjadi sasaran program vaksinasi tahap dua. Pemerintah akan menyediakan 45 juta vaksin untuk memenuhi dua kali dosis penyuntikan bagi lansia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sementara kan kita baru punya yang saat ini di awalnya 7 juta dosis (vaksin dari PT Bio Farma)," ujar Nadia.
 
Baca: Vaksinasi Covid-19 untuk Tenaga Pendidik Mulai 24 Februari 2021
 
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes ini mengatakan pihaknya tengah mendata lansia penerima vaksin di seluruh provinsi. Mereka yang berdomisili di Ibu Kota masing-masing provinsi akan didahulukan.
 
Aktivitas dan mobilitas masyarakat di ibu kota provinsi cukup tinggi. Atas dasar itu, lansia di sana menjadi prioritas, karena rentan tertular covid-19.
 
"Jadi kita mau selesaikan dulu kelompok lansia yang ada di ibu kota. Harapannya nanti satu klaster wilayah tersebut pada populasi tertentu, kita selesaikan (vaksinasinya)," ucap Nadia.
 
Menurut dia, lansia yang berada di tingkat kabupaten atau kota tidak terlalu banyak. Namun, masyarakat diminta tak khawatir karena pemerintah sudah mengamankan stok vaksin untuk seluruh lansia di Indonesia.
 
"Jangan takut, pasti akan kita lakukan juga vaksinasi untuk usia diatas 60 tahun di kabupaten kota lainnya," ujar Nadia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif