Syekh Ali Jaber (Foto; ANT)
Syekh Ali Jaber (Foto; ANT)

Begitu Indah, Nasihat Terbaik Syekh Ali Jaber tentang Sabar dan Ikhlas

Nasional Obituari Ali Jaber
Adri Prima • 15 Januari 2021 18:55
Jakarta: Syekh Ali Jaber merupakan ulama kondang yang dikenal dengan ceramah dan dakwahnya yang penuh ilmu serta menyejukkan hati siapa pun yang mendengarnya. 
 
Kepergian Syekh Ali Jaber jelas menyisakan duka dan rasa kehilangan mendalam bagi umat muslim yang senantiasa mendengarkan siraman rohani beliau. Dari sekian banyak dakwah dan ceramah Syekh Ali Jaber, ada beberapa kutipan yang begitu melekat di benak masyarakat khususnya umat muslim tanah air. 
 
Kutipan tersebut bahkan membanjiri sosial media yang dibagikan berulang-ulang oleh warganet. Salah satu yang melekat adalah nasihat beliau tentang sabar, ikhlas, dan indahnya memaafkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Islam mengajarkan kalau tidak bisa membalas sesuai, tidak berlebih-lebihan, lebih baik diamkan. Lebih baik lagi, sabar. Lebih baik lagi, ikhlaskan. Lebih sempurna lagi, maafkan," ucap Syekh Ali Jaber dalam sebuah acara talkshow televisi yang dipandu Raffi Ahmad. 
 
Tak hanya sekedar nasehat, kalimat tersebut nyatanya benar-benar diamalkan Syekh Ali Jaber ketika dirinya mengalami insiden penusukan oleh orang tak dikenal saat berceramah pada tanggal 13 September 2020 silam di Masjid Falahuddin, Bandar Lampung. 

Memaafkan pelaku penusukan

Ketika kasus penusukan sudah berlanjut ke persidangan, Syekh Ali Jaber membuat kagum semua orang karena ia dengan ikhlas memaafkan si pelaku yang masih berusia muda. 
 
Syekh Ali Jaber mengatakan dirinya bahkan sudah memaafkan sejak hari kejadian. "Dari hari pertama sejak kejadian, kamu (terdakwa AA) sudah saya maafkan," tutur Syekh Ali Jaber kepada pelaku dalam persidangan yang berlangsung secara virtual. 
 
Tak sampai di situ, Syekh Ali Jaber juga menasehati pelaku berinisial AA untuk lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT. "Saudara AA, perbaiki salatnya dan perbaiki hubungan dengan Allah. Insya Allah hidupmu akan lebih baik dan bahagia," kata Syekh Ali Jaber.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif