(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

5 Tips Mengatur Pola Tidur Agar Tak Mengantuk saat Puasa

Adri Prima • 03 April 2022 13:52
Jakarta: Ibadah puasa di bulan Ramadan membuat umat muslim harus menyesuaikan perubahan pola makan hingga pola tidur. Pasalnya, umat muslim harus bangun dini hari untuk sahur setiap harinya.
 
Kurang tidur ini menjadi salah satu penyebab seseorang yang berpuasa terlihat sangat kelelahan dan mengantuk sepanjang hari. Untuk mengantisipasi rasa kantuk karena kurang tidur, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan.
 
Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini tips menjaga pola tidur selama puasa di:

1. Tidur lebih cepat

Selama Ramadan, jam tidur berkurang karena harus untuk sahur. Maka dari itu, kamu juga harus memajukan waktu tidurmu. Misalnya, jika kamu terbiasa tidur pukul 22.00, cobalah untuk mulai tidur satu jam lebih awal.

2. Lanjutkan tidur setelah sahur

Sahur di Indonesia umumnya dilakukan pada pukul 03.00-04.00 setiap harinya. Setelah sahur dan shalat subuh, kamu dapat melanjutkan tidur selama 1-2 jam sebelum beraktivitas kembali. Waktu tidur selama 1-2 jam dapat digunakan untuk menambah jam tidur yang berkurang setiap harinya.

3. Tidur siang

Kurang tidur akan membuat tubuh lemas dan mengantuk saat berpuasa. Agar tubuh kembali segar, dianjurkan untuk tidur siang sekitar 30-60 menit. Jangan tidur siang terlalu lama, karena dapat menyebabkan kamu merasa haus saat terbangun. Tidur siang juga bisa menjadi ganti jam tidur malam yang sangat singkat.

4. Olahraga rutin

Meski tengah menjalankan puasa, disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari, dengan intensitas ringan hingga sedang. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu dapat memilih waktu sebelum berbuka atau setelah berbuka puasa. Tidak perlu dilakukan dalam intensitas yang tinggi, cukup dengan berjalan kaki, lari di tempat, atau bersepeda.

5. Perhatikan pola makan

Saat berbuka sebaiknya hindari makanan yang kaya kalori, gula, terlalu pedas, atau digoreng dengan minyak yang terlalu banyak. Sistem percernaan perlu usaha ekstra untuk mengolah asupan tersebut yang berisiko mengganggu waktu tidur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif