Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Dok. Istimewa
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Dok. Istimewa

85 Juta Orang Diprediksi Mudik, Edukasi Pencegahan Kecelakaan Harus Maksimal

Nasional Mudik Lebaran lalu lintas ramadan Lestari Moerdijat Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Fachri Audhia Hafiez • 20 April 2022 09:34
Jakarta: Edukasi terkait pencegahan kecelakaan saat musim mudik Lebaran 2022 harus maksimal. Apalagi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi 85 juta orang yang mudik.
 
"Penyebab kecelakaan tersebut harus ditekan semaksimal mungkin lewat berbagai upaya edukasi dan sosialisasi yang masif," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) melalui keterangan tertulis, Rabu, 20 April 2022.
 
Rerie mencontohkan edukasi dalam mencegah kecelakaan. Misalnya, mengingatkan pentingnya penggunaan sabuk keselamatan dan mematuhi batas kecepatan kendaraan di jalan bebas hambatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, rambu-rambu lalu lintas di jalan raya mesti diperhatikan pemudik. Sejumlah elemen pencegahan kecelakaan itu mesti dipatuhi sebagai bagian dari disiplin berlalu lintas.
 
"Sejumlah kecelakaan lalu lintas beberapa pekan terakhir sangat memprihatinkan. Apalagi, peristiwa itu seringkali disebabkan kelalaian dari pengemudi," ucap Rerie.
 
Baca: Kedisiplinan Berlalu Lintas Tentukan Kelancaran Arus Mudik
 
Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menilai peraturan yang dibuat akan sia-sia bila masyarakat tidak mematuhinya. Kesuksesan penerapan kebijakan mudik sejatinya membutuhkan dukungan semua pihak.
 
"Bukan hanya dukungan dari para pemangku kepentingan di pusat dan daerah, tetapi juga masyarakat yang melakukan mudik," ujar Rerie.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif