Gita Bahana Nusantara saat mengiringi upacara HUT RI ke-77. Foto: Metro TV
Gita Bahana Nusantara saat mengiringi upacara HUT RI ke-77. Foto: Metro TV

Siapa Gita Bahana Nusantara? Paduan Suara yang Iringi Upacara HUT RI ke-77 Bikin Warganet Salfok

Putri Purnama Sari • 17 Agustus 2022 18:43
Jakarta: Gita Bahana Nusantara saat ini tengah ramai diperbincangkan di twitter karena penampilannya yang sangat memukau pada saat mengiringi upacara detik-detik proklamasi di Istana Merdeka, Rabu 17 Agustus 2022.
 
Gita Bahana Nusantara merupakan grup musik orkestra yang anggotanya terdiri dari 199 perwakilan dari sejumlah pemusik daerah di seluruh Tanah Air. Dalam persiapan upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia, Gita Bahana Nusantara terdiri dari putra putri terbaik bangsa Indonesia.
 
“Gita Bahana Nusantara (GBN) tidak sekedar paduan suara dan orkestra namun juga sebagai wadah pembentukan karakter dan bentuk rasa cinta terhadap tanah air, yang disajikan saat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, yang tahun ini menginjak usia 77 tahun.” kata Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan, seperti dilansir dari situs Kemendikbud Ristek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk dapat masuk kedalam Gita Bahana Nusantara ini harus melalui proses seleksi ketat. Berbagai persiapan dilakukan oleh semua anggota, mulai dari pelatihan daring yang dilaksanakan pada tanggal 25-29 Juli, 1-2 Agustus hingga gladi bersih.
 
Semua penampilan Gita Bahana Nusantara sangat memukau semua orang yang hadir dalam upacara tersebut sehingga menjadi trending twitter.
 
Salah satu yang mencuri perhatian adalah pada saat Gita Bahana Nusantara menyanyikan medley lagu daerah seperti Indung Indung yang berasal dari Kalimantan Timur, Tutu Koda dari Nusa Tenggara Timur, Binte Biluhuta dari Gorontalo, Sang Bumi Ruwa Jurai dari Lampung, Lir Saalir dari Jawa Timur, O Ulate dari Maluku, dan E Mambo Simbo dari Papua Barat.
 
Semua lagu daerah pilihan Gita Bahana Nusantara dinilai fresh, tidak itu-itu saja, sehingga semua yang mendengarkan bisa lebih mengetahui banyak lagu daerah di Indonesia.
 
(WAN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif