(Ilustrasi) Lautan massa yang panik dapat membahayakan diri jika tak paham cara melindungi diri. Medcom.id
(Ilustrasi) Lautan massa yang panik dapat membahayakan diri jika tak paham cara melindungi diri. Medcom.id

3 Jurus Jitu Cegah Bahaya Saat Terjebak di Tengah Lautan Kerumunan

Medcom • 06 November 2022 16:43
Jakarta: Akhir-akhir ini, kerumunan massa yang digelar untuk sukacita kerap memakan korban. Bahkan hingga menyebabkan korban jiwa ratusan meninggal dunia.
 
Tragedi Halloween di Itaewon dan kasus sejumlah konser belakangan ini memberikan pelajaran pentingnya berhati-hati saat berada di dalam kerumunan. Lautan massa yang panik dapat membahayakan diri jika tak paham cara melindungi diri.
 
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan video pakar crowd safety dari Los Angeles pakar Paul Wertheimer dalam unggahan Instagram @ridwankamil. Video tersebut langsung viral dan banyak dikomentari netizen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini 3 jurus jitu menghindari musibah saat terjebak di tengah kerumunan yang berubah ricuh atau lautan massa yang panik (stampede):

1. Susun jalur keluar dari kerumunan

Jika terjebak di tengah kerumunan atau arus massa, jangan panik!
 
Sobat Medcom harus segera menyusun rencana keluar dari kerumunan. Tetap berpikir jernih, perhatikan sekeliling, dan susun rencana keluar dari kerumunan.
 
Wertheimer menyebut kerumunan manusia bagai arus sungai. Orang yang terjebak di kerumunan atau arus massa sangat sulit berjalan melawan.
 
Untuk keluar dari arus, berjalan ke pinggir kerumunan dengan tetap mengikuti pergerakan massa dan cari benda yang kokoh untuk berlindung. Misalnya, berdiri di dekat tiang, merapat ke tembok, jongkok di balik tempat sampah yang besar, atau berlindung di balik mobil yang terparkir.

2. Berdiri dengan posisi kuda-kuda 

Saat berada di tengah-tengah kerumunan, Wertheimer menyarankan Sobat Medcom untuk berdiri dengan posisi kuda-kuda atau berdiri dengan kaki melebar. Kaki Sobat bakal jadi lebih seimbang dan tidak mudah jatuh ketika didorong.
 
Berdiri dengan kedua tangan menutupi area dada, terutama di sekitar jantung dan paru-paru. Langkah ini sehingga organ vital tersebut bisa terlindungi. Coba bayangkan berdiri menggunakan kuda-kuda petinju.
 

3. Langsung lindungi organ penting ketika jatuh

Jika anda terjatuh di tengah kerumunan yang ricuh atau stampede, langsung lindungi organ penting di tubuh. Caranya:
1. Miringkan posisi badan
2. Tekuk lutut
3. Letakkan tangan di sisi kepala.
 
Posisi ini akan membuat organ penting di tubuh lebih aman karena terlindungi. Jika hal ini tidak segera dilakukan saat Sobat terjatuh, akan membuat posisi badan mudah tertindih orang.
 
Bagian dada dan kepala mudah terinjak-injak yang dapat menyebabkan sulit bernapas atau cedera otak. (Eka Putri Wahyuni)
 
(SUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif