Presiden Jokowi Buka Festival Keraton

Achmad Zulfikar Fazli 28 Oktober 2018 16:59 WIB
keraton
Presiden Jokowi Buka Festival Keraton
Presiden Joko Widodo membuka acara Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat Asia Tenggara ke-V - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Sumenep: Presiden Joko Widodo membuka acara Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat Asia Tenggara ke-V. Festival ini berlangsung di Keraton Sumenep, Jawa Timur.

Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 15.50 WIB. Keduanya tampak mengenakan baju adat seperti raja-raja Jawa. Jokowi tampak mengenakan beskap hitam dilengkapi dengan mahkota.

"Dengan mengucap Bismillah saya resmi membuka Festival Keraton dan Masyarakat Adat ke-V di Sumenep," kata Jokowi, Minggu, 28 Oktober 2018.


Sejumlah tokoh hadir dalam festival ini dengan memakai pakaian adat. Mereka di antaranya Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Raja, ratu, permaisuri, pangeran dan putri keraton se-Indonesia juga hadir dalam festival ini.

(Baca juga: Royal Dinner Awali Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asean)

Festival ini akan berisikan pagelaran seni dan budaya bernuansa keraton. Misalnya, Kirab Agung Prajurit Keraton, Pagelaran Kesenian Keraton, Pagelaran Upacara Adat Keraton, Pagelaran Busana Keraton, Pameran Benda-Benda Pusaka Keraton, Pertemuan Raja atau Sultan Nusantara.

Acara ini dilaksanakan untuk menjaga tali silaturahmi antarkeraton. Selain itu, meningkatkan peran sebagai warisan budaya bangsa.







(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id