Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo pun memberikan selamat kepada pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku. (Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta)
Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo pun memberikan selamat kepada pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku. (Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta)

Presiden Lantik Mantan Dankorps Brimob Jadi Gubernur Maluku

Nasional presiden jokowi pelantikan gubernur
Dheri Agriesta • 24 April 2019 15:13
Jakarta: Presiden Joko Widodo melantik Gubernur Maluku Murad Ismail. Murad dan Wakil Gubernur Barnabas Orno menang dalam Pemilihan Gubernur 2018.
 
Proses pelantikan dimulai dengan kirab dari Istana Merdeka. Presiden Jokowi tetap memimpin kirab meski di bawah rintikan hujan. Presiden pun diikuti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo beserta gubernur dan wakil gubernur terpilih menuju Istana Negara.
 
Murad dan Barnabas dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 189/P/2018 tentang pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku masa jabatan 2019-2024. Pasangan itu pun membacakan sumpah yang dipimpin Presiden Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD Negara RI tahun 1945, dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," kata Jokowi diikuti Murad dan Barnabas di Istana Negara, Rabu, 24 April 2019.
 
Murad dan Barnabas akan mendapatkan gaji dan tunjangan jabatan kepala daerah sesuai aturan yang berlaku. Usai pengucapan sumpah, Murad dan Barnabas menandatangani surat berita acara.
 
Presiden Lantik Mantan Dankorps Brimob Jadi Gubernur Maluku
Presiden Jokowi memimpin kirab sebelum melantik Gubernur Maluku Murad Ismail. (Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta).
 
Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo pun memberikan selamat kepada pasangan itu. Setelah Presiden, tamu yang hadir memberikan selamat secara bergiliran.
 
Murad dan Barnabas memenangkan Pilgub Maluku setelah mengalahkan dua pasangan calon dengan perolehan 2328.982 suara. Murad dan Barnabas diusung koalisi Partai NasDem, PDI Perjuangan, PKB, Hanura, PAN, PKPI, dan PPP.
 
Mereka mengalahkan calon petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun dan pasangan calon independen Herman Adrian Koedoboen-Abdullah Vanath. Sebelum bertarung di Pilgub Maluku, Murad menjabat sebagai Komandan Korps Brimob Polri.
 
Dalam acara pelantikan itu hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
 
Selain itu juga hadir Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Keyia Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif