Menko PMK: Pesantren Ikut Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Anggi Tondi Martaon 23 Oktober 2018 11:03 WIB
berita kemenko pmk
Menko PMK: Pesantren Ikut Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
Menko PMK Puan Maharani (Foto:Dok.Kemenko PMK)
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada komunitas pesantren Indonesia. Menurutnya, pesantren berkontribusi besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Kita tahu, ada puluhan ribu Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah yang diselenggarakan oleh berbagai pesantren dalam rangka mengintegrasikan diri dengan sistem pendidikan nasional," kata Puan dalam keterangan tertulis, Selasa, 23 Oktober 2018.

Pesantren dianggap bagian dalam meningkatkan angka partisipasi pendidikan generasi muda dan menggenjot Indeks Pembangunan Manusia (IPM).


"Bahwa sejak 2017, angka IPM Indonesia sudah berada di atas 70, yang berarti masuk ke dalam kelompok negara High Human development," ucap Menko PMK.

Menko PMK menyebutkan, peran seluruh pihak diperlukan dalam menambah IPM. Dia pun mendorong agar pesantren konsisten meningkatkan kualitas pendidikan.

"Ke depan saya percaya bahwa pesantren juga akan lebih aktif ke pendidikan vokasional," sebut dia.

Selain sektor pendidikan, Puan juga meminta pesantren terlibat dalam gerakan masyarakat madani. Hal itu sebagai upaya mempertahankan nilai-nilai Pancasila, UUD Negara RI 1945, NKRI dan prinsip Bhinneka Tunggal Ika.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id