Ketua Dekranas Mufidah Jusuf Kalla dalam Syukuran HUT ke-39 Dekranas - Foto: Setwapres.
Ketua Dekranas Mufidah Jusuf Kalla dalam Syukuran HUT ke-39 Dekranas - Foto: Setwapres.

Dekranas Semakin Eksis Mengembangkan Industri Kerajinan

Nasional kerajinan pameran kerajinan
Achmad Zulfikar Fazli • 08 Maret 2019 12:13
Jakarta: Dewan Kerajinan Indonesia (Dekranas) dinilai semakin menunjukkan eksistesinya dalam membina dan mengembangkan industri kerajinan di Tanah Air. Ada banyak program dan kegiatan yang dilakukan oleh Dekranas dan Dekranasda bersama kementerian, mitra pemerintah lain maupun swasta demi mengembangkan kerajinan Indonesia.
 
“Hal ini berkat kerja keras kita semua,” kata Ketua Dekranas Mufidah Jusuf Kalla, dalam sambutannya di acara Syukuran HUT ke-39 Dekranas di Rumah Kriya, Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Jumat, 8 Maret 2019.
 
Syukuran ini dihadiri para Menteri sebagai penasihat yang menetapkan Surat Keputusan Bersama (SKB), dan pengurus Dekranas serta Dekranasda. Acara ini berlangsung secara sederhana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla itu mengatakan pada  2018, Dekranas dipercaya untuk menyelenggarakan evaluasi penjurian World Craft Council (WCC) Award of excellence for handicrafts. Dekranas bangga bisa melaksanakan kegiatan bertaraf internasional itu secara professional dan berjalan baik. 
 
Hal ini terbukti dari hasil evaluasi penjurian, 31 dari 49 produk penerima award atau 63,3 persen pemenang tersebut adalah dari Indonesia.
 
“Semua ini dapat terjadi karena persiapan seleksi yang baik melalui Dekranas Award, kriteria yang ketat dari WCC. Untuk itu, perkenankan kami mengucapakan selamat kepada seluruh penerima WCC Award 2018. Semoga dapat memotivasi perajin yang lainnya untuk terus berinovasi,” kata Mufidah.
 
Mufidah juga bersyukur atas prestasi yang diukir Dekranas dan Dekranasda. Ia juga berterima kasih atas peran dan bantuan semua pihak yang selama ini banyak mendukung dan membantu eksistensi Dekranas. 
 
Pada acara ini diserahkan "tanda kasih" kepada staf Dekranas. "Tanda kasih" juga diserahkan kepada para sesepuh Dekranas almarhumah Nani Soedarsono yang diwakili keluarga, Karlinah Umar Wirahadi Kusamah, Hj. Ani Bambang Yudhoyono yang diwakili oleh Oka Hatta Rajasa, Tuty Tri Sutrisno dan Herawati Boediono.
 
Kemudian, diserahkan pula Sertifikat WCC AoE for Handicraft 2018 oleh Mufidah kepada 17 Perajin pemenang WCC.
 
Sebagai tanda rasa syukur, pada acara puncak diadakan pemotongan tumpeng oleh Mufidah. Potongan tumpeng diberikan pada para sesepuh Dekranas. Dalam rangkaian HUT Dekranas ini, juga bakal digelar “Malam Indonesia”. 
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif