Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama (BTP)--Instagram: @basukibtp
Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama (BTP)--Instagram: @basukibtp

Senyum Ahok di Hari Pembebasan

Nasional ahok
Fachri Audhia Hafiez • 24 Januari 2019 11:55
Jakarta: Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama (BTP) resmi menyelesaikan masa tahanannya di Markas Korps Brigade Mobil (Mako Brimob) Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Beredar foto saat Ahok sedang menyelesaikan administrasi.
 
Akun Instagram resmi Ahok, @basukibtp, mengunggah foto detik-detik mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengurus proses administrasi kebebasannya. Sedikitnya ada tiga foto yang diunggah.
 
Menggunakan kemeja kotak-kotak berwarna biru dongker, Ahok terlihat menandatangani dokumen. "Proses administrasi sebelum bebas di Mako Brimob pagi tadi. Merdeka!," tulis akun @basukibtp, Kamis, 24 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada foto kedua Ahok tampak menerima surat kebebasan yang sudah ia tanda tangani. Kemudian, di foto terakhir, Ahok tampak tersenyum sambil menunjukkan jarinya usai mengecap dokumen.
 
Baca: Karangan Bunga untuk Ahok Hiasi Mako Brimob
 
Sebelumnya di kalangan awak media juga beredar sebuah foto Ahok sedang berdiri di luar ruangan menggunakan pakaian yang sama. Belum diketahui lokasi Ahok dalam foto itu.
 
Ahok dipastikan telah keluar dari Mako Brimob. Hal itu dibenarkan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cipinang Andika Dwi Prasetya.
 
"Pembebasan sudah yang bersangkutan sudah dilaksanakan pukul 07.00 WIB tadi di Mako Brimob," kata Andika kepada Medcom.id.
 
Ahok dihukum dua tahun kurungan penjara terkait penistaan agama tentang penyebutan salah satu surat dalam Alquran. Perkara yang dihadapi Ahok ini muncul ketika dia sedang mengikuti Pemilihan Gubernur DKI pada 2017.
 
Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM telah memberikan remisi sebanyak tiga bulan 15 hari sepanjang Ahok menjalani hukuman. Total Ahok menjalani hukuman 1 tahun 8 bulan.
 
Ahok ditahan di rumah tahanan (rutan) Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat sejak 9 Mei 2017. Dia merupakan tahanan titipan dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi