PUPR: Trans Papua Didukung Warga Lokal

Kautsar Widya Prabowo 04 Desember 2018 16:20 WIB
Pembunuhan Puluhan Pekerja di Papua
PUPR: Trans Papua Didukung Warga Lokal
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: MI/Panca Syurkani.
Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan proyek pembangunan Trans Papua didukung warga lokal. Hal ini diungkapkan terkait aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menewaskan 31 pekerja PT Istaka Karya (Persero). 

"Warga tidak ada yang menolak pembangunan Trans Papua," kata Basuki saat konferensi pers di Kementerian PUPR, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Desember 2018.

Menurut dia, pengamanan dalam pembangunan di Papua akan ditingkatkan akibat aksi KKB. Basuki menekankan proyek ini dijalankan agar keadilan sosial untuk rakyat Papua dapat terpenuhi, mengingat lokasi pembangunan ini bakal menjadi jalur logistik warga setempat


"Jalan logistik dari Merauke ke Mamugu langsung ke Wamena. Ini akan langsung. Apalagi kalau jembatan sudah selesai," imbuh dia.

Saat ini, pemerintah menghentikan sementara proyek pembangunan jembatan di lokasi penembakan puluhan pekerja di Distrik Yigi, Nduga, Papua. Penyelesaian pekerjaan menunggu situasi keamanan kembali kondusif.

Baca: Insiden di Papua Mencederai Kedaulatan NKRI

Basuki mengatakan titik penembakan berada di KM 103 proyek infrastruktur Trans Papua atau tepatnya di Kali Yigi dan Kali Aurak. Kawasan tersebut, kata Basuki, sesungguhnya sudah aman, tidak ada penolakan dari pihak mana pun terkait pembangunan infrastruktur.

"Sosialisasi pekerjaan PT Istaka Karya sangat baik dengan warganya bahkan (dengan pekerja) sudah menyatu. Informasi yang saya terima dari kepala Balai Besar Jalan Papua, warga menjamin keamanan pekerja Istaka Karya," ungkap dia.

Ia menambahkan dalam proyek infrastruktur Trans Papua, ada 35 jembatan yang akan dibangun. Sebanyak 14 jembatan ditangani PT Istaka Karya, 21 berada dipegang PT Brantas Abipraya.





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id