Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Dok. BNPB
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Dok. BNPB

Jurus Satgas Covid-19 Tekan Lonjakan Kasus

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19 protokol kesehatan Ingat Pesan Ibu Satgas Covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 06 Januari 2021 09:23
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengungkap sejumlah jurus untuk menekan lonjakan kasus covid-19. Namun, strategi ini membutuhkan partisipasi masyarakat.
 
“Saat ini Indonesia berusaha sebaik mungkin untuk tidak mengalami pengulangan lonjakan dengan melakukan berbagai upaya,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam keterangan tertulis, Rabu, 6 Januari 2021.
 
Wiku memerinci upaya itu terdiri dari 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun) oleh masyarakat dan 3T (testing, tracing, dan treatment) oleh pemerintah. Kedua strategi itu harus saling melengkapi dan jalan beriringan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jurus berikutnya adalah membuat pedoman rekayasa pelayanan kesehatan. Pedoman itu bakal berguna saat lonjakan kasus covid-19.
 
Baca: Penerapan Protokol Kesehatan Tak Boleh Kendur karena Kehadiran Vaksin
 
Dia mengatakan Satgas Penanganan Covid-19 tingkat pusat hingga desa harus rutin berkoordinasi. Terutama untuk mengingatkan masyarakat soal disiplin protokol kesehatan.
 
“Gunakan sistem pelaporan Perubahan Perilaku untuk menghasilkan data yang real time supaya dapat dilakukan tindakan juga dengan cepat,” tutur dia.
 
Pemerintah juga membatasi mobilitas masyarakat di dalam dan luar negeri guna mencegah impor kasus covid-19. Hal ini sudah dituangkan dalam sejumlah aturan.
 
Salah satunya, Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kemudian, SE Satgas Nomor 4 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
 
Namun, seluruh upaya tersebut bakal sia-sia tanpa partisipasi masyarakat. Wiku meminta masyarakat patuh pada semua peraturan yang dibuat demi keselamatan bersama.
 
“(Kepatuhan) ini adalah modal kita dalam kembali meningkatkan produktivitas masyarakat yang aman covid-19,” terang Wiku.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif