Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)

Mahasiswa Diimbau Tak Perlu Demo saat Pelantikan Presiden

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 10 Oktober 2019 13:11
Jakarta: Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar aksi demonstrasi saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, pada Minggu, 20 Oktober 2019.
 
Salah satu tuntutan BEM SI yaitu mendesak penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) KPK.
 
Menanggapi rencana tersebut Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengimbau agar mahasiswa menundanya. Sebab, aksi unjuk rasa yang digelar sebelumnya menimbulkan kerusakan fasilitas umum dan merugikan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya pikir, demo itu walaupun dijamin oleh konstitusi, sebaiknya melihat keadaan beberapa hari belakangan yang kemudian menimbulkan kerugian di masyarakat sebaiknya ditunda dulu menurut saya," kata Dasco di lobi Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Politikus Gerindra itu juga mengungkapkan, beberapa tuntutan pada aksi sebelumnya sudah dikabulkan oleh DPR dan pemerintah. Jika masih ada hal yang ingin disampaikan, mantan anggota Komisi III itu menyebutkan bahwa pimpinan DPR sangat terbuka untuk berdialog dengan mahasiswa.
 
"Dan kami dalam rapim (rapat pimpinan) DPR sudah sepakat akan membuka pintu seluas-luasnya kepada masyarakat. Adik-adik mahasiswa atau siapa pun agar berdialog dan diskusi tentang hal-hal yang menurut mereka masih substansi," ucapnya.
 
Selain itu, Dasco juga meminta kepada mahasiswa untuk ikut menjaga marwah bangsa Indonesia. Sebab, pada pelantikan nanti akan dihadiri tamu undangan dari berbagai negara dan disorot dunia.
 
"Alangkah baiknya kita ikut sama-sama menjaga suasana kondusif, ikut sama-sama menjaga marwah negara republik Indonesia pada pelantikan kepala negara," ujarnya.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif