Penanaman pohon oleh Bentoel Group. Foto: Istimewa
Penanaman pohon oleh Bentoel Group. Foto: Istimewa

Bentoel Group Tanam 6.035 Pohon di NTB

Nasional penanaman 1 miliar pohon
Eko Nordiansyah • 16 Januari 2020 01:56
Jakarta: Bentoel Group mengadakan kegiatan aforestasi dengan penanaman 6.035 pohon di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan penanaman dilakukan untuk mendorong partisipasi masyarakat untuk secara bersama-sama melestarikan lingkungan sekitar.
 
Kegiatan aforestasi dilakukan di beberapa lokasi Kabupaten Lombok Timur, antara lain tanah kawasan hutan milik Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Rinjani Timur, tanah milik kelompok tani yang bekerja sama dengan BKPH, serta tanah milik petani mitra Bentoel Group.
 
"Kegiatan aforestasi yang telah kami selenggarakan sejak tahun 2006 ini merupakan wujud tanggung jawab sosial Bentoel Group untuk membantu pelestarian lingkungan di Lombok," kata Legal and External Affairs Director Bentoel Group Mercy Francisca Hutahaean dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bentoel Group secara rutin mengadakan kegiatan aforestasi setiap tahunnya. Keseluruhan pohon yang ditanam tahun ini berupa pohon buah-buahan, yakni pohon buah manggis, pohon lengkeng, pohon rambutan, pohon durian, pohon jambu, pohon nangka, pohon mangga, serta pohon alpukat.
 
"Pemilihan pohon buah-buahan tersebut diharapkan dapat memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat sekitar dan mencegah kemungkinan masyarakat menebang pohon tersebut untuk keperluan tertentu," jelas dia.
 
Kegiatan aforestasi ini merupakan salah satu bagian dari Program Tembakau Berkelanjutan atau Sustainable Tobacco Program (STP). Bentoel Group telah menjalin kemitraan langsung dengan 1.226 petani di wilayah Lombok Timur dan Lombok Tengah.
 
"Melalui STP, Perusahaan ingin turut serta membantu pengembangan mitra petani melalui berbagai program pelatihan pertanian, serta berkontribusi pada pelestarian lingkungan," ungkapnya.
 
Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan penanaman pohon buah bukan sekedar tujuan untuk memetik buahnya. Lebih dari itu, penghijauan dengan pohon buah juga menyambung masa depan anak cucu generasi selanjutnya.
 
"Ketika Lombok Timur dihijaukan, dampaknya juga akan dirasakan masyarakat Nusa Tenggara Barat. karena itu, masyarakat dan seluruh pihak diminta menjaga dan mendukung apa yang dilakukan oleh Bentoel Group," katanya.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif