Cerita Warga Belgia Saksikan Kemunculan Anak Gunung Baru

Lukman Diah Sari 02 Juli 2018 19:20 WIB
peristiwa
Cerita Warga Belgia Saksikan Kemunculan Anak Gunung Baru
Foto: Daniel Moyano di Gunung Kelud, Jawa Timur/Dok: Daniel Moyano
Jakarta: Daniel Moyano, 70, seorang pria asal Belgia mengaku telah mendaki dan menjelajahi gunung merapi di dunia, termasuk di Indonesia. Daniel pun mendokumentasikan aktivitas gunung berapi yang didaki, termasuk saat erupsi. 

Sembari memutar ulang video pendakiannya, juga sejumlah erupsi gunung berapi yang dibuatnya, Daniel mengungkapkan erupsi Gunung Slamet, Jawa Tengah, pada awal September 2014 lalu adalah pengalaman yang paling berkesan di hidupnya. 

"Karena itu sangat sulit," ucapnya, saat ditemui Medcom.id, di kantor Metro TV, Jakarta Barat, Senin 2 Juli 2018.  


Daniel yang merupakan insinyur sipil di sebuah perusahaan kontraktor di Belgia menuturkan hasil dokumentasinya kerap digunakan badan mitigasi dan vulkanologi untuk penelitian. Dia pun pernah memberikan material hasil erupsi gununug, ke badan mitigasi vulkanologi setempat agar bisa diteliti. 

Tak hanya itu, Daniel pun mengungkapkan temuannya saat mendaki salah satu gunung berapi di Indonesia. Kala itu, muncul anak gunung baru, yang tengah erupsi. Namun, anak gunung tersebut kini telah hancur karena ledakannya sendiri. 

"Di sana saat malam sangat dingin, tapi saat meletus menjadi sangat panas," ujarnya. 

Seperti diketahui Gunung Agung, Bali, baru-baru ini meletus, begitu juga Gunung Merapi, Jawa Tengah. Dia enggan banyak bercerita perihal Gunung Agung karena memang Daniel bukan seorang ahli vulkanologi. 

"Saya mendaki Gunung Agung sekitar 2005. Saya tidak mendaki sampai puncak, tapi tinggal tidak jauh dari Gunung Agung. Sama seperti saat ini, sulit untuk diprediksi," ungkapnya. 

Berbeda dengan Gunung Merapi, menurutnya, Merapi sangat khusus karena memiliki nilai historis. Dia pun mengakui Merapi adalah salah satu gunung berapi paling berbahaya saat pendakian karena awan panas. 

"Jika saya ingat, saya pernah tinggal di dekat kubah memungkinkan terkena awan panas. Karakteristik di Indonesia, kalau ada dome, ada awan panas. Realita," tandasnya. 



(LDS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id