Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Mensos Berencana Kembangkan Industri Garam di Papua

Kautsar Widya Prabowo • 23 Maret 2022 02:15
Jakarta: Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyebut banyak potensi yang bisa dikembangkan di Papua. Salah satunya, pengembangan industri garam air laut dari Kabupaten Sarmi.
 
"Aku dengar warga di sana (Sarmi) barang-barang keropos karena kena uap air yang mengandung garam yang saya pikir bagus untuk pembuatan garam di Papua, di sinikan belum ada," ujar Risma dalam penyerahan bantuan di Gereja Kristen Injili di Tanah Papua, Kantor Sinode, Jalan Argapura Nomor 21, Jayapura, Selasa, 22 Maret 2022.
 
Risma akan membawa sampel air laut di Sarmi ke laboratorium. Hal itu guna mengetahui kualitas kandungan garam di air laut tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu cocok untuk garam konsumsi atau nanti tidak layak, kita tidak tahu hasilnya," jelas dia.
 
Baca: Petani Garam Perlu Didukung Peningkatan Kapasitas Guna Menjadi Eksportir
 
Risma memastikan Kementerian Sosial akan membantu pemasaran hingga penjualan apabila garam itu layak dikonsumsi. Dia meyakini pertumbuhan ekonomi masyarakat akan meningkat bila potensi sumber daya alam (SDA) di setiap daerah terus didorong.
 
"Kita terus berpikir bagaimana (mengakses pasar), bukan sekadar memberikan bantuan tapi bagaimana masyarakat bisa memanfaatkan langsung secepat-cepatnya," jelasnya.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif