Presiden Joko Widodo berpidato saat Muktamar V PKB di Bali, Selasa 20 Agustus 2019. Foto: Antara/ Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo berpidato saat Muktamar V PKB di Bali, Selasa 20 Agustus 2019. Foto: Antara/ Akbar Nugroho Gumay

Presiden Jokowi Resmi Membuka Muktamar V PKB

Nasional muktamar pkb
Juven Martua Sitompul • 20 Agustus 2019 21:12
Bali: Presiden Joko Widodo meresmikan Muktamar V Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Muktamar V PKB berlangsung di Westin Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali, pada 20-22 Agustus 2019.
 
Sebelum resmi dibuka, Jokowi sempat mempertanyakan tujuan PKB menggelar Muktamar di Bali. Dia berkelakar jika PKB ingin merebut Bali dari PDI Perjuangan sebagai basis pemilihnya.
 
"Kalau PKB mengadakan Muktamar di Bali juga pasti ada alasannya. Saya juga enggak tahu alasannya apa. Saya hanya nebak-nebak, jangan-jangan PKB juga pengen raih suara besar di Bali. Hati-hati Pak Bupati," kelakar Jokowi disambut ketawa hadirin Muktamar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendati begitu, Jokowi menyebut Muktamar digelar di Bali karena nahdliyin, basis pemilih PKB dikenal dekat dengan masyarakat Hindu. Mayoritas kepercayaan masyarakat Bali.
 
"Tapi memang kelihatannya PKB pastinya nahdiyin ini dekat dengan masyarakat Hindu dan tentu saja tujuan akhirnya untuk persatuan bangsa dan kebangkitan bangsa," pungkasnya.
 
Jokowi meresmikan Muktamar V PKB ditandai dengan menembak layar besar berisi video sarang lebah menggunakan ketapel. Usai meresmikan, Jokowi dan sejumlah tokoh yang hadir kemudian meninggalkan lokasi Muktamar.
 
Pantauan di lokasi, sejumlah tokoh nasional hadir dalam Muktamar V di Bali. Mereka yang hadir di antaranya, Presiden Joko Widodo, Presiden RI ke-5 Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Golkar Airlangga, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.
 
Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menpora Imam Nahrawi, dan lain-lain.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif