Jakarta: Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah meneliti rangka eSAF motor Honda sejak Agustus hingga September 2023. Masyarakat diminta tidak perlu khawatir karena proses perbaikan sedang berjalan.
"Hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti telah ditindaklanjuti. Kami bersama KNKT akan mengawal dan mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini," ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, dalam keterangan tertulis, Rabu, 27 September 2023.
Menurut tim peneliti, PT AHM membuat rangka eSAF dari raw material berupa High Strength Steel (HSS) yang diproses menjadi rangka dan kemudian dilakukan pelapisan coating dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) secara dipping (celup). Hal itu diketahui saat tim mendatangi dan melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik sepeda motor Honda, Kawasan Industri Indotaise Karawang pada Jumat, 1 September 2023.
Tim peneliti melihat proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding, dan pelapisan. Item control termasuk dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan telah dilakukan dan memenuhi persyaratan standar manufacturing global.
Berdasarkan hasil perhitungan finite element method dan divalidasi secara pengujian aktual di fasilitas milik PT AHM, struktur rangka eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi. Tegangan yang terjadi masih jauh di bawah Yield Point (batas elastis) dari material rangka.
Ditjen Hubdat dan KNKT juga meneliti rangka eSAF dari motor konsumen. Berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan adanya karat pada bagian dalam rangka yang tidak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran sehingga membuat air tersumbat, serta berpotensi menyebabkan udara lembab di sekitar rangka dan dapat bersifat korosif.
Menindaklanjuti hasil penelitian, PT AHM sedang mengoptimalisasi sistem perlindungan rangka dari korosi secara menyeluruh. PT AHM juga membuka layanan pemeriksaan dan penanganan dengan menyediakan layanan 24 jam melalui contact center Honda 1500989 yang dapat diakses dari seluruh Indonesia atau datang langsung ke bengkel AHASS terdekat.
Merujuk peta korosi dunia yang dikembangkan sesuai ISO 9223 tentang sistem klasifikasi laju korosi carbon steel berdasarkan kondisi atsmofer lingkungan, Indonesia berada pada laju korosi yang berat. Dengan itu, diperlukan regulasi lebih lanjut mengenai tata cara pemenuhan ketahanan korosi pada kendaraan roda dua atau lebih.
Di samping itu, Ditjen Hubdat dan KNKT juga melihat perlunya peningkatan edukasi terkait perawatan dan pemeliharaan kendaraan roda dua atau lebih.
Jakarta:
Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (
KNKT) telah meneliti rangka eSAF
motor Honda sejak Agustus hingga September 2023. Masyarakat diminta tidak perlu khawatir karena proses perbaikan sedang berjalan.
"Hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti telah ditindaklanjuti. Kami bersama KNKT akan mengawal dan mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini," ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, dalam keterangan tertulis, Rabu, 27 September 2023.
Menurut tim peneliti, PT AHM membuat rangka eSAF dari raw material berupa
High Strength Steel (HSS) yang diproses menjadi rangka dan kemudian dilakukan pelapisan
coating dengan metode CED (
Cathodic Electro Deposition) secara dipping (celup). Hal itu diketahui saat tim mendatangi dan melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik sepeda motor Honda, Kawasan Industri Indotaise Karawang pada Jumat, 1 September 2023.
Tim peneliti melihat proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding, dan pelapisan. Item control termasuk dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan telah dilakukan dan memenuhi persyaratan standar
manufacturing global.
Berdasarkan hasil perhitungan
finite element method dan divalidasi secara pengujian aktual di fasilitas milik PT AHM, struktur rangka eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan
stress load yang tinggi. Tegangan yang terjadi masih jauh di bawah
Yield Point (batas elastis) dari material rangka.
Ditjen Hubdat dan KNKT juga meneliti rangka eSAF dari motor konsumen. Berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan adanya karat pada bagian dalam rangka yang tidak terlapisi
coating dan lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran sehingga membuat air tersumbat, serta berpotensi menyebabkan udara lembab di sekitar rangka dan dapat bersifat korosif.
Menindaklanjuti hasil penelitian, PT AHM sedang mengoptimalisasi sistem perlindungan rangka dari korosi secara menyeluruh. PT AHM juga membuka layanan pemeriksaan dan penanganan dengan menyediakan layanan 24 jam melalui
contact center Honda 1500989 yang dapat diakses dari seluruh Indonesia atau datang langsung ke bengkel AHASS terdekat.
Merujuk peta korosi dunia yang dikembangkan sesuai ISO 9223 tentang sistem klasifikasi laju korosi
carbon steel berdasarkan kondisi atsmofer lingkungan, Indonesia berada pada laju korosi yang berat. Dengan itu, diperlukan regulasi lebih lanjut mengenai tata cara pemenuhan ketahanan korosi pada kendaraan roda dua atau lebih.
Di samping itu, Ditjen Hubdat dan KNKT juga melihat perlunya peningkatan edukasi terkait perawatan dan pemeliharaan kendaraan roda dua atau lebih.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(AZF)