Presiden Jokowi meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Kementerian Pertahanan, Selasa, 9 November 2021. Foto: Istimewa
Presiden Jokowi meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Kementerian Pertahanan, Selasa, 9 November 2021. Foto: Istimewa

Stafsus Ungkap Cerita di Balik Jokowi Borong Noken Mama Papua

Dhika Kusuma Winata • 15 November 2021 00:05
Jakarta: Foto Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) memborong noken di Pasar Taman Imbi, Jayapura, Papua, sebelum penutupan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI menjadi perbincangan di media sosial. Ada cerita di balik aksi Jokowi tersebut.
 
Staf Khusus (Stafsus) Presiden, Billy Mambrasar, menceritakan saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Oktober 2021, Presiden juga membeli noken dari mama-mama di pinggir jalan. Presiden kala itu sempat menanyakan mama-mama dari Paniai yang berjualan noken di Taman Imbi.
 
"Beliau kemudian berjanji, saat kembali nanti, akan menghampiri mereka. Hal tersebut beliau buktikan, saat kunjungan kerja menutup Peparnas kemarin beliau datang, menyapa, dan membeli noken dari mama-mama Papua di Taman Imbi tersebut," kata Billy melalui keterangan tertulis, Minggu, 14 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jokowi Borong Noken di Papua
 
Billy menyebut beberapa orang mungkin menilai kegiatan Presiden sebagai pencitraan. Namun, ia menegaskan perhatian Jokowi terhadap mama-mama Papua bukan hanya kali itu. Jauh sebelum itu, Presiden memerintahkan pembangunan pasar untuk mama-mama Papua. 
 
Menurut Billy, Presiden selalu mendengar keluhan mama-mama Papua setiap kali melakukan kunjungan kerja di 'Bumi Cenderawasih.' Presiden juga memerintahkan program bantuan modal digulirkan.
 
Sebelumnya, Presiden menyaksikan pertandingan cabang olahraga judo di Jayapura pada Peparnas XVI Papua 2021, Sabtu, 13 November 2021. Di luar agenda yang telah dijadwalkan, Jokowi dan rombongan singgah di Pasar Taman Imbi.
 
Jokowi membeli sejumlah noken dan kerajinan khas Papua. Rombongan Presiden termasuk anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) ikut membeli noken dan langsung memakainya.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif