KN Pulau Nipah  321 di Selat Lampa. Foto: Istimewa
KN Pulau Nipah 321 di Selat Lampa. Foto: Istimewa

KN Pulau Nipah Kawal Kedatangan Nelayan Pantura di Natuna

Nasional Laut Natuna Utara
MetroTV • 08 Maret 2020 19:36
Natuna: Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya Aan Kurnia Sabtu sore melepasKN Pulau Nipah 321 dari Selat Lampa. Kapal itu akan mengawalkedatangan ratusan nelayan dari Pantai Utara Pulau Jawa menuju ke perairan Natuna, Kepulauan Riau.
 
"Ini kita akan berangkatkan kapalnya, mereka tengah melakukan persiapan, nanti akan jaga perbatasan," kata Aan di perairan Laut Natuna Utara, Kepulauanj Riau, Sabtu, 7 Maret 2020.
 
Aan menjelaskan sehari-hari KN Pulau Nipah bertugas menjaga perbatasan laut Indonesia di Natuna Utara. Kapal ini mendpaat tugas baru mengawal nelayan pantura mencari ikan di kawasan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) perairan Natuna.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mekanismenya nanti kelompok nelayan yang dari pantura kurang lebih ada 30 kita kawal dengan kapal-kapal Bakamla, dari KKP dan juga dari teman TNI. Sehingga mereka tidak masuk ke wilayah sengketa begitu juga, saya akan mengusir kalau ada nelayan-nelayan asing yang masuk ke wilayah kita," tegasnya.
 
Selain dijaga kapal milik Bakamla, Aan juga mengungkapkan pengawalan bersinergi bersama instansi lainnya termasuk dari Kementerian Perikanan dan Kelautan.
 
"Sementara saya ada dua, kemudian dari KKP juga ada, dari KRI juga ada. Tapi sekarang yang terdepan di sini karena masa damai nanti kapal Bakamla yang akan di sini," tambah Aan.
 
KN Pulau Nipah 321 merupakan satu dari tiga kapal penjaga perbatasan Indonesia di Laut Natuna. Dua kapal lainnya yaitu KN Pulai Morore 322 dan KN Tanjung Datu 301.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif