Ilustrasi renovasi Masjid Istiqlal/Kementerian PUPR.
Ilustrasi renovasi Masjid Istiqlal/Kementerian PUPR.

Jokowi Resmikan Hasil Renovasi Pertama Masjid Istiqlal

Nasional masjid presiden jokowi pembangunan masjid
Nur Azizah • 07 Januari 2021 19:17
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Renovasi tersebut menjadi perbaikan skala besar pertama sejak 42 tahun lalu. 
 
"Hari ini Masjid Istiqlal, masjid kebanggaan kita semua telah selesai direnovasi. Dengan mengucap Bismillah saya resmikan renovasi Masjid Istiqlal hari ini," kata Jokowi di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Januari 2021.
 
Lingkup pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal meliputi penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), pekerjaan interior, dan signage. Renovasi ini menelan biaya Rp511 miliar. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya melihat Masjid Istiqlal telah berubah total dan tampak seperti baru lagi. Landscape-nya ditata ulang menjadi indah dan semakin kelihatan tertata rapi, lantainya juga saya lihat lebih berkilau," ujar Jokowi. 
 
Ia pun takjub dengan interior dan pencahayaan yang membuat Masjid Istiqlal lebih modern dan indah. Terlebih, kali di sepanjang masjid ikut diperbaiki. 
 
"Saya ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi karena dalam proses renovasi ini tidak hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah tetapi juga memperhatikan aspek arsitektur, seni, estetika, dan yang tidak kalah penting tetap memperhatikan kaidah cagar budaya," tutur Jokowi
 
Kepala Negara menyebut kemegahan Masjid Istiqlal bukan menjadi kebanggaan umat Islam semata, tapi seluruh rakyat Indonesia. Jokowi berharap Masjid Istiqlal tidak hanya megah secara fisik tapi bisa meningkatkan iman dan takwa kepada Sang Pencipta.
 
"Masjid ini harus bisa menjadi pemberdayaan umat dan sebagai pelopor dakwah. Bisa mengembangkan syiar Islam yang menyejukkan, yang membangun toleransi dan membangun perdamaian," ucap Jokowi. 
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif