Personel TNI AL bersiap mencari CVR SJ-182/Istimewa.
Personel TNI AL bersiap mencari CVR SJ-182/Istimewa.

Pencarian CVR Pesawat Sriwijaya SJ-182 Dilanjutkan

Yurike Budiman • 15 Februari 2021 16:27
Jakarta: Tim penyelam TNI AL melanjutkan pencarian cockpit voice recorder (CVR) Sriwijaya Air SJ-182. Tindakan ini untuk mendukung upaya pencarian oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
 
Kepala Dinas Penyelaman dan Penyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada I, Kolonel Laut (T) Wahyudin Arif menyatakan pihaknya siap mendukung KNKT mencari data komunikasi dalam kokpit sebagai bahan investigasi KNKT.
 
"Dislambair sudah menyiapkan 34 orang personel yang akan melakukan upaya melanjutkan pencarian CVR dalam mendukung operasi pencarian," kata Wahyudin, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 15 Februari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Fakta Baru Sriwijaya Air SJ 182, Autopilot Mati sebelum Kecelakaan
 
Pihaknya juga telah melakukan perencanaan bersama KNKT dalam teknis penyelaman. Dia berharap pencarian dapat dilakukan seefektif mungkin dengan mempertimbangkan cuaca dan keselamatan personel di lapangan.
 
Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Abdul Rasyid juga mendukung operasi pencarian yang dilakukan KNKT. Tim Penyelam dari Dislambair Koarmada I telah mendirikan Posko di Pos TNI AL Tanjung Kait, Teluk Naga, Tangerang.
 
"Semoga proses pencarian berjalan dengan lancar dan bisa segera mendapatkan hasil yang sesuai harapan kita bersama dengan lancar dan selamat," kata Rasyid.
 
Selain tim penyelam, TNI AL juga mengerahkan mobil ambulans dan Mobile Diving Chamber (MDC). Fasilitas itu merupakan sarana penanganan cepat kepada para penyelam yang mengalami masalah dekompresi pada golden momentum. 
 
"MDC mendampingi para personel tim selam TNI AL sebagai life support. Jadi penyelam secara psikologis lebih tenang, kalau terjadi permasalahan mereka bisa ditangani secara cepat," kata Rasyid.
 
Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu 9 Januari 2021 sekitar pukul 14.40 WIB. Pasawat yang bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta tersebut mengangkut 62 penumpang, terdiri atas 6 awak aktif, 40 orang dewasa, 7 anak-anak, 3 bayi, dan 6 awak sebagai penumpang.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif