Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.

Alokasi Wisata ke Mancanegara Diharapkan Beralih ke Dalam Negeri

Nasional Media Group pandemi covid-19 Konvergensi MGN Media Group News Summit Indonesia 2021
Sri Yanti Nainggolan • 28 Januari 2021 16:26
Jakarta: Lebih dari ratusan triliun rupiah digunakan warga Indonesia untuk liburan ke luar negeri setiap tahun. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap alokasi tersebut dialihkan untuk wisata di dalam negeri.
 
"Jadi ada Rp150 triliun keluar dari Indonesia karena kita asyik berlibur ke negara-negara favorit kita," kata Sandiaga dalam Media Group News (MGN) Summit 2021 Wonderful Indonesia: Reviving the Tourism Industry, Kamis, 28 Januari 2021.
 
Menurut dia, jika 20-30 persen dari dana itu dialihkan untuk wisata nusantara, ada pemasukan hingga Rp50 triliun. Apalagi saat ini, Indonesia tengah mengembangkan lima Destinasi Superprioritas “Bali Baru”, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sandiaga melihat peluang untuk mengembangkan ekosistem pariwisata itu. "Kita canangkan agar tahun selanjutnya Indonesia bisa menjadi destinasi pilihan di Asia Tenggara," ucap dia.
 
Sandiaga meyakini tahun 2021 adalah momen pemulihan dan kebangkitan bagi pariwisata domestik. Pemerintah akan bergerak cepat untuk bertahan di tengah pandemi dan mengembangkan sektor pariwisata.
 
"Kita gerak cepat, gercep, gerak bersama, geber, dan bangkit bersama, garap semua potensi untuk bertahan dan berkembang atau gaspol," ucap dia.
 
MGN Summit merupakan hybrid event yang berupaya menemukan solusi di tengah pandemi. Acara yang mengambil tema "Solusi Maju Bersama' ini menggabungkan konsep off air dan on air yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, hingga para ahli. 
 
Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari News Research Center (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei ini menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit. 
 
Ada empat hal disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi (economic recovery), kesehatan masyarakat (public health), energi hijau (energy go green), dan pariwisata (tourism). Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang baru covid-19.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif