Ma'ruf Berharap Perlindungan Masyarakat Papua Ditingkatkan

M Sholahadhin Azhar 07 Desember 2018 07:30 WIB
Pembunuhan Puluhan Pekerja di Papua
Ma'ruf Berharap Perlindungan Masyarakat Papua Ditingkatkan
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin (tengah). Foto: MI/Ramdani
Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin meminta pemerintah untuk tak tinggal diam menyikapi ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Perlindungan terhadap warga di sana, harus lebih ditingkatkan. Hal ini diperlukan untuk menghindari korban jiwa lainnya.

"Perlindungan kepada warga masyarakat Papua harus lebih diketatkan. Karena ini sifatnya perlindungan terhadap warga bangsa," kata Ma'ruf Amin di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Desember 2018.

Menurutnya, perlindungan pada warga Papua amatlah penting. Sebab merekalah yang nantinya menikmati pembangunan fasilitas di Bumi Cendrawasih itu. 


Ma'ruf juga berharap pemerintah tak mundur sedikit pun dalam menggencarkan pembangunan di sana. Mengingat, kata dia, pembangunan di Papua amat penting menghapus kesenjangan masyarakat di sana. 

"Jangan sampai kemudian (dengan) adanya penembakan ini pemerintah berhenti membangun, pembangunan harus jalan terus," sebut Ma'ruf.

Baca: Wapres: Polisi dan TNI Harus Operasi Besar

Lebih lanjut, ia juga menyoal istilah KKB yang tengah berpolemik. Menurutnya, untuk mengubah julukan itu, perlu pengkajian mendalam mengenai unsur terkait. Hal tersebut diperlukan untuk mengkategorikan KKB pada tindak kejahatan lain, seperti terorisme atau separatisme.

"Itu keputusan negara supaya tidak terjadi perbedaan-perbedaan. Karena itu kita serahkan kepada pemerintah untuk memberikan penilaian yang utuh," tandas Ma'ruf.





(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id