Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Polri Godok Perizinan Liga 1 dengan Sistem Terpusat di Jawa Tengah

Siti Yona Hukmana • 30 November 2022 03:14
Jakarta: Polri melakukan rapat koordinasi (rakor) membahas keberlanjutan Liga 1 dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Korps Bhayangkara tengah memproses perizinan Liga 1 dengan sistem bubble atau terpusat di satu wilayah, yakni Jawa Tengah.
 
"Polri sedang memproses izin Liga 1 yang akan dilaksanakan dengan sistem bubble," kata Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops), Irjen Agung Setya Imam Effendi dalam keterangan tertulis, Selasa, 29 November 2022.
 
Rakor itu dilakukan di ruang Pusat Pengendalian Krisis (Puldasis) Mabes Polri. Agung menjelaskan dalam rapat itu juga melakukan konsolidasi terkait persiapan pengamanan kompetisi sepak bola. Terutama mengonsolidasikan Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nantinya, tim teknis Polri akan melakukan penilaian risiko dengan meninjau stadion-stadion yang akan digunakan dalam Liga 1 Indonesia. Peninjauan dalam verifikasi dan penilaian risiko dilakukan bersama tim teknis dari Kementerian PUPR dan Kemenkes.
 
"Masing-masing tim teknis telah menyiapkan prosedur dan mekanisme pelaksanaan verifikasi dan penilaian risiko keamanan dan keselamatan," ujar jenderal bintang dua itu.
 

Baca Juga: Rakor dengan PSSI-LIB, Polri Bahas Nasib Liga 1


Direktur Utama (Dirut) PT LIB Ferry Paulus menerangkan sistem bubble adalah terpusat di satu wilayah. Pertandingan Liga 1 putaran pertama akan digelar di Jawa Tengah. Verifikasi stadion yang akan digunakan dilakukan polisi fokus di Jawa Tengah.
 
"Yang pasti begini, putaran pertama dengan sistem bubble. Jadi, semua klub-klub itu memiliki home base yang sama, yaitu di Jawa tengah dengan lima stadion yang sudah biasa kita lakukan di bubble sebelumnya," terang Ferry.
 
Rapat koordinasi akan dilanjutkan pada Jumat, 2 Desember 2022. Dalam rapat itu bakal hadir Direktur Operasional PT LIB, Sekjen Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) , Dirut Liga 1, Staf Ahli Kemenpora, Direktur Prasarana Strategis Kementerian PUPR, Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Usia Lanjut Kemenkes, Dirpamobvit Korsabhara Baharkam Polri, Dirsosbud Baintelkam Polri, Karorenminops Korbrimob Polri dan Tim Perpol Nomor 10 Tahun 2022.
 
Selain itu, undangan yang bakal hadir secara virtual, yakni Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Irjen Suwondo Nainggolan, Kapolres Surakarta Kombes Iwan Saktiadi, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun (pelaksana tugas), Kapolres Sleman AKBP Imam Rifai, dan Kapolres Bantul AKBP Ihsan. 
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif