Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksy terima Presiden Joko Widodo di Istana Maryinsky. Foto: BPMI Setpres
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksy terima Presiden Joko Widodo di Istana Maryinsky. Foto: BPMI Setpres

Populer Nasional: Kunjungan Presiden ke Ukraina Hingga Penetapan Iduladha

Lukman Diah Sari • 30 Juni 2022 06:44
Jakarta: Sejumlah pemberitaan di kanal Nasional Medcom.id pada Rabu, 29 Juni 2022, menarik perhatian publik dan menjadi populer. Pertama soal lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia
 
Presiden mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu, 29 Juni 2022. Kepala Negara menyampaikan bahwa kunjungannya ini merupakan wujud kepedulian Indonesia terhadap Ukraina.
 
"Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelenskyy selepas pertemuan, Rabu, 29 Juni 2022.
 
Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, Jokowi menyampaikan pentingnya penyelesaian konflik dengan jalan damai.
 

Selengkapnya baca di sini: Presiden: Kunjungan ke Ukraina Wujud Kepedulian Indonesia


Kemudian, kabar terkini dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo. Menteri Tjahjo kini tengah menjalani perawatan akibat infeksi paru-paru. 
 
Kondisi eks Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu disebut berangsur pulih. "Membaik, kondisi (Tjahjo) membaik," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan Bambang Wuryanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 29 Juni 2022.
 
Meski membaik, pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu menyampaikan kalau Tjahjo masih butuh istirahat lebih. Sehingga, proses pemulihan bisa berjalan dengan baik.
 

Selengkapnya baca di sini: Kondisi Menpan RB Tjahjo Membaik


Terakhir, Pemerintah resmi menetapkan awal Zulhijah 1443 Hijriah/2022 Masehi pada Jumat, 1 Juli 2022. Artinya, Iduladha 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.
 
"Hilal seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk tapi belum memenuhi kriteria. Maka, secara mufakat ditetapkan 1 Zulhijah 1443 Hijriah, jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022 Masehi," kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis, 29 Juni 2022.
 
Zainut mengungkapkan sidang isbat penentuan awal Zulhijah diikuti oleh sejumlah pihak terkait. Sidang diawali dengan pemaparan ketinggian hilal oleh salah satu anggota tim dari Kemenag.
 

Selengkapnya baca di sini: Pemerintah Tetapkan Iduladha 1443 Hijriah Jatuh pada 10 Juli

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif