Menkominfo Johnny G. Plate. Foto: Medcom.id
Menkominfo Johnny G. Plate. Foto: Medcom.id

Pemerintah Tak Akan Blokir Internet pada Reuni 212

Nasional aksi 212
Damar Iradat • 23 November 2019 08:00
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut, pemerintah tidak akan menerapkan pemblokiran internet secara khusus pada reuni akbar Persaudaraan Alumni (PA) 212 pada Senin, 2 Desember 2019. Pemerintah tetap menjaga hak-hak sipil masyarakat.
 
"Tidak ada yang spesial untuk apa saja, untuk semuanya, kami tugasnya menjaga agar situasi kemasyarakatan normal, hak-hak sipil masyarakat terjaga," kata Jhonny di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 22 November 2019.
 
Johnny juga membantah tudingan pemerintah memblokir akun-akun media sosial dari PA 212 jelang reuni akbar. Menurut dia, pemblokiran tersebut kewenangan dari platform media sosial tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai NasDem itu mengatakan, kalaupun ada penindakan dari akun-akun tersebut, ia menilai, satu-satunya kemungkinan akun tersebut memang bermasalah. Namun demikian, Johnny mengaku belum mengecek secara detail apakah benar ada pemblokiran akun-akun media sosial dari PA 212.
 
"Kalau ada langkah penindakan terhadap akun-akun, maka pasti ada alasannya. Alasanya itu hanya ada satu aja kemungkinannya, melanggar UU, tidak memenuhi syarat kewajiban sebagaimana di UU," ungkap dia.
 
PA 212 berencana menggelar reuni akbar 212 pada 2 Desember 2019 di Monumen Nasional Jakarta. Salah satu tamu yang dipastikan diundang dalam aksi ini, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
 
PA 212 juga akan mengundang aktivis, tokoh politik, dan ulama seperti biasa. Hanya saja, belum ada penjelasan detail daftar tamu yang diundang dalam reuni tersebut.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif