Ilustrasi terumbu karang. Foto: Medcom.id
Ilustrasi terumbu karang. Foto: Medcom.id

Perbaikan Terumbu Karang Kepulauan Seribu Habiskan Rp5,3 Miliar

Nasional dki jakarta terumbu karang
Selamat Saragih • 13 Desember 2019 19:54
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menggelontorkan Rp5,3 miliar buat memperbaiki kerusakan terumbu karang di Kepulauan Seribu. Dana dipakai buat sejumlah hal.
 
"Anggaran transplantasi Rp1,5 miliar dan untuk fish shelter Rp3,8 miliar," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta, Darjamuni, saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019.
 
Darjamuni mengatakan sebanyak 100 unit fish shelter atau apartemen ikan di Kepulauan Seribu bakal dibangun pada 2019. Apartemen ikan dibangun dari beton berukuran 2x2x2 meter dengan biaya Rp40 juta per unit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"100 unit, itu kalau di ilmu konservasi setara dengan pemulihan satu hektare," tutur Darjamuni.
 
Sementara transplan juga dibangun dari beton, tetapi ukurannya jauh lebih kecil. Total ada 3.500 transplan yang ditenggelamkan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian
(DKPKP) DKI. Diperkirakan dapat memulihkan 0,7 hektare terumbu karang di Kepulauan Seribu.
 
Darjamuni menuturkan, perkembangan terumbu karang berkisar antara satu sampai tiga sentimeter pertahun. "Jadi kita itu agak terlihat bagus selama empat sampai lima tahun," kata dia.
 
Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) Pusat Survei Sumber Daya Alam Laut (PSSDAL) mencatat kerusakan terumbu karang di Kepulauan Seribu mencapai 60 persen atau setara dengan 4.570 hektare pada 2009.
 
Ada berbagai faktor yang menyebabkan kerusakan itu, di antaranya, cemaran lingkungan, penggunaan jaring nelayan yang tidak sesuai, pembangunan berbagai sarana, hingga kegiatan wisata.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif