Aggota tim SAR gabungan beraktivitas di atas kapal usai melakukan pencarian korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba. Foto: ANT/Sigid
Aggota tim SAR gabungan beraktivitas di atas kapal usai melakukan pencarian korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba. Foto: ANT/Sigid

Kapolda Sumut: Tragedi KM Sinar Bangun Jangan Terulang

Nasional wisata danau toba
Candra Yuri Nuralam • 22 Desember 2019 06:37
Jakarta: Kapolda Sumatera Utara Irjen Martuani Sormi meminta Bupati Samosir dan Dinas Perhubungan kota Samosir memperketat pengawasan muatan penumpang kapal di Danau Toba. Dia tidak ingin kejadian KM Sinar Bangun tahun lalu terulang.
 
"Agar tidak terulang kembali kejadian kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam tahun lalu," kata Martuani di Samosir seperti dikutip dari Antara, Sabtu 22 Desember 2019.
 
Martuani mengatakan dirinya sudah melakukan pengecekan kesiapan Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019 di wilayah hukum Polres Samosir. Dia juga sempat memberikan pengarahan kepada Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh agar mengawasi setiap penyeberangan kapal penumpang saat libur panjang tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kapal pariwisata KM Sinar Bangun yang berlayar dari Pelabuhan Tigaras Simalungun menuju Pelabuhan Simanindo Samosir tenggelam di Danau Toba pada Senin 18 Juni 2018 sore. Kapal ini mengangkut puluhan penumpang.
 
Tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara, diduga karena kelebihan muatan.
 
Kasi Lalu Lintas Danau Sungai dan Penyeberangan (LLASDP), Rijaya mengatakan kapal kayu ini sebenarnya berkapasitas 60 orang penumpang. Akan tetapi penumpang yang diangkut sekitar 80 orang.
 
"Keterangan dari operator kapal katanya ada sekitar 80 orang penumpang yang diangkut. Itu baru prediksi ya, karena sampai sekarang mereka baru mencari bonggol-bonggol penjualan tiketnya," kata Rijaya saat dikonfirmasi, Senin, 18 Juni 2018.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif